Diakui Kementerian Kominfo RI, Wako Hendri Septa Puji Kinerja Diskominfo

PADANG(Malintangpos Online):Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang meraih penghargaan dari Kementerian Kominfo RI, Selasa (28/2/2023) kemarin. Penghargaan itu diterima berkat kontribusi berita yang cukup banyak dari Media Center milik Diskominfo Kota Padang.

“Tentunya kita cukup berbangga atas pencapaian tersebut, di awal tahun ini kita meraih penghargaan yang cukup banyak, salah satunya penghargaan dari Kementerian Kominfo RI ini,” ucap Wali Kota Padang Hendri Septa, Kamis (2/3/2023).

Diskominfo Padang meraih penghargaan Media Center Daerah Kabupaten / Kota Terbaik I Kontribusi Berita. Penghargaan ini diserahkan Kementerian Kominfo kepada Kepala Diskominfo Padang Boby Firman di Hotel Margo, Depok.

Penghargaan terbaik I ini mengalahkan kabupaten / kota yang ada. Dalam kurun waktu setahun, Diskominfo Padang mampu berkontribusi lewat berita-berita pembangunan dan tampil di kanal InfoPublik milik Kemenkominfo.

“Ribuan artikel berita positif telah dihasilkan Diskominfo Padang sepanjang tahun 2022 lalu, ini tentu luar biasa,” tutur Hendri Septa.

Sebanyak 4 ribu lebih artikel berita yang diproduksi oleh Bidang IKP Diskominfo Padang di tahun 2022. Produktifitas ini jauh lebih baik dibanding tahun 2021, di mana saat ini Diskominfo Padang hanya meraih penghargaan Media Center terbaik kedua ketika itu.

“Saya tentu berharap, capaian prestasi ini juga ditiru oleh OPD lain di Pemko Padang. Tiap OPD terus bekerja giat, menghasilkan inovasi baru dan prestasi,” harap Hendri Septa yang didampingi Kepala Diskominfo Boby Firman.

Media Center milik Diskominfo Padang berdiri sejak tahun 2018 lalu. Pelaksanan diseminasi informasi selalu dilakukan di ruang Media Center tersebut. Tidak hanya itu, “dapur” yang mengolah dan menghasilkan informasi untuk dipublikasikan melalui kanal atau platform milik Diskominfo terus mengepul. Bekerja siang dan malam, menghasilkan berita positif tentang kinerja Pemko Padang.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kominfo yang telah mengakui kinerja kami sepanjang tahun lalu. Tentunya prestasi ini akan menjadi pelecut bagi kami untuk terus mempertahankan apa yang telah dicapai,” ungkap Kepala Diskominfo Padang, Boby Firman.

Malam Anugerah Media Center Daerah yang digelar Kementerian Kominfo dilaksanakan pada Selasa (28/2/2023). Penganugerahan tersebut dibuka Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo Usman Kansong. Ia mengutarakan peran humas dalam hal ini yang diemban media center daerah menjadi sangat penting dan krusial sebagai garda terdepan yang menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan informasi yang cerdas, mendidik, mencerahkan. Selain itu, media center juga berperan untuk membuat masyarakat lebih cerdas dalam menyikapi berbagai isu.

“Setiap komunikasi yang dilakukan terdapat tiga tujuan yaitu menambah pengetahuan, menghadirkan sikap positif masyarakat terhadap event atau pemerintah serta perilaku partisipasi,” ucap Usman.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Media Nursodik Gunarjo dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan Media Center Daerah sudah diinisiasi mulai tahun 2007 dan saat ini jumlahnya sudah mencapai 151 yang tersebar di seluruh provinsi dan kabupaten/kota wilayah Indonesia. Menurutnya, tujuan digelarnya acara ini adalah sebagai apresiasi kepada media Center daerah serta menguatkan kerjasama dan jaringan komunikasi dan memberikan motivasi kepada daerah-daerah lain supaya bisa bergabung untuk mendirikan media center dan menjalin pertukaran konten dengan Kominfo.

Sebagai informasi, penilaian Anugerah Media Center kali ini dilakukan berdasarkan sistem Portal Berita Info Publik. Kedepannya Kemenkominfo sedang menginisiasi penilaian melalui situs Indonesiakini.go.id.(Charlie)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.