Dinas Pendidikan Madina Berbenah Bersama Guru Penggerak

PANYABUNGAN(Malintangpos Online); Kepala Dinas Pendidikan Mandailing Natal Lismulyadi Nasution, mengutarakan bahwa pihaknya melakukan pembenahan di berbagai program Pendidikan.

Antara lain, program sekolah penggerak dan guru penggerak saat ini sedang  diandalkan disetiap tingkatan, baik SD maupun SMP terus dibenahi agar kualitas pendidikan semakin baik.

” Dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kab Madina, kita menerapkan sterategi yang di berikan Kementrian Pendidikan,” Ujar Kadis Pendidikan Madina Lismulyadi Nasution, Kamis(14/4) diruang kerjanya.

Disebutkan Lismulyadi, sejauh ini pihaknya sudah berupaya bersama tim untuk sama-sama dalam menciptakan pendidikan yang greget,yang nantinya bisa menjadi suatu gebrakan pendidikan di Bumi Gordang Sambilan.

Kata dia, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik; aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid.

” serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar,” ujar Lismulyadi lagi.

“guru penggerak harus di seleksi mengikuti program pendidikan guru penggerak,program ini akan menciptakan guru penggerak yang mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri, ” ujar .

Di tambahkannya”guru penggerak harus memiliki kematangan moral ,emosi dan sepiritual untuk berprilaku sesuai kode etik.

Dan kami di bidang (PK) bagai mana melahirkan guru penggerak yang sesuai dengan kualipikasi yang sudah di setandarkan oleh Kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Ditambahkannya”anggaran guru penggerak masih di alokasikan oleh (APBD) dan kita akan berupaya menopang atau mengimbaskan guru penggerak  yang sudah di lahirkan oleh kementrian ini nanti.

Dan saat ini pemerintah daerah belum mengalokasikan anggaran untuk guru penggerak tapi kedepan akan itu yang kita kerjakan.

Program guru penggerak ini bertujuan supaya meningkatkan kualitas para guru-guru baik sekolah dasar dan menengah ke atas yang mana seorang guru penggerak itu akan di tempatkan posisinya sebagai pengawas atau bisa menjadi kepala sekolah.”ujarnya .

Di tempat yang sama kabit dikdas

Riswan Halim Batubara, SE, MM”Dengan adanya perogram guru penggerak maka dari itu perogram sekolah penggerak juga berperan yang mana nanti sebagai sekolah di mana lahirnya para guru-guru yang memiliki potensi menjadi tempat guru pengerak.

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju.

Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.(NANDA)

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.