Dinilai Ada Kecurangan, Warga Gonting Julu Tolak Hasil Pilkades

SIBUHUAN(Malintangpos Online): Ratusan Warga dari Aliansi Masyarakat Gonting Julu, unjuk rasa menolak hasil Pilkades Desa Gonting Julu Kecamatan Huristak Kabupaten Padanglawas, di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Selasa (20/12).

Aliansi Warga dalam orasinya meminta dan mendesak Plt Bupati Palas, drg Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi,melalui Dinas PMD membatalkan hasil Pilkades, karena diduga terdapat banyak kecurangan.

“Panitia Pilkades di desa kami diduga kuat telah melakukan kecurangan sehingga menguntungkan salah satu calon,” Ujar Warga dengan lantang.

Korlap Ikhsan Adoha dan koordinator aksi, Sadar H.Daulay dalam selebaran tuntutan aksi yang mereka bacakan menyatakan, berdasarkan hasil perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) terdapat ketidak sesuaian antara daftar hadir dengan jumlah masyarakat yang hadir.

Disebutkan, Panitia Pilkades diketahui membawa pulang surat undangan dan pada daftar hadir peserta tambahan pemilihan terdapat pemilih yang bukan warga Desa Gonting Julu.

Kemudian, saat istirahat pemilihan sesama panitia Pilkades diketahui berdebat akibat hilangnya 7 surat suara yang disaksikan para calon Kades.

Serta, terdapat penggunaan hak suara yang bukan atas nama pemilik surat undangan dan panitia diduga telah melakukan pelanggaran terhadap salah satu pemilih yang tidak diperbolehkan panitia untuk memilih.

Plt Kadis PMD M.Faisal Amrin Siregar SAP.MM melalui Kabid Pemdes M. Yusuf Hutajulu , Kabid Pembangunan Nirwan, kepada Aliansi berjanji akan menindaklanjuti tuntutan massa dengan memanggil Pengawas Kecamatan dan Panitia Pilkades Gonting Julu.

Kita akan panggil pihak-pihak terkait guna memperjelas terkait kecurangan yang disangkakan,Ujar Yusuf.

Yusuf juga mengutarakan, pihaknya akan serius menindaklanjuti laporan warga tersebut dan berjanji akan menindak tegas apabila terdapat kecurangan.

Kata dia, kalau dugaan yang disampaikan terbukti, kita akan tindak tegas dengan menyerahkan oknum-oknum tersebut kepada pihak berwajib(MS/Red)

 

Admin ; Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.