Dinilai Masyarakat Gagal, Dukungan Copot Kadis PMD Madina Mengalir

Kadis PMD Madina diawancarai Wartawan Malintang Pos Nirwana Siregar/ Dokumen Malintang Pos

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Santernya pemberitaan kegagalan pelaksanaan Dana Desa(DD) di 374 Desa se Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara, dukungan kepada Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution, untuk segera mencopot Muhammad Ikbal Nasution,menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mengalir dari berbagai elemen masyarakat.

            Karena itu, sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) mendesak Bupati Madina, untuk segera mengaudit seluruh pejabat yang ada di lingkungan Dinas PMD dan segera mencopot Muhammad Ikbal Nasution menjadi Kepala Dinas.

            Hal itu disampaikan oleh sejumlah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) secara terpisah di Kota Panyabungan Kab.Madina, Minggu (26-5) terkait dengan banyaknya Kades yang diduga telah menyalahgunakan anggaran DD setiap tahunnya.

DD Desa Malintang Jae 2018 Mubazir/Dokumen

Sekretaris LSM.Genta Madina Chandra Siregar, mengutarakan salah satu alasan pencopotan Muhammad Ikbal Nasution menjadi Kepala Dinas PMD Madina adalah sampai sekarang ini kasus terbakarnya Kantor PMD beberapa waktu yang lalu belum terungkap, sebab waktu itu dia ( Ikbal Red) telah menjadi Kepala Dinas.

            Kata Chandra Siregar, soal lantik dan copot Kepala Dinas (Kadis) atau jabatan ASN adalah hak progratif Bupati, tetapi jika dibiarkan terus maka yang namanya rusak dimata masyarakat adalah Drs.H.Dahlan Hasan Nasution sebagai Bupati, sebab masyarakat hanya bisa memberikan keterangan yang dirasakan dan dilihatnya langsung kondisi pembangunan yang sumber dananya DD sejak tahun 2015-2019 sekarang.

            Terus terang, katanya, sebagai pengurus LSM telah banyak melakukan Investigasi khusus terkait dengan pelaksanaan DD di 374 Desa se Mandailing Natal, semuanya nyaris gagal pelaksanaannya dilapangan, padahal Presiden RI Ir.Joko Widodo secara berulang-ulang menyampaikan membangun desa dari pinggiran agar diawasi masyarakat, karena itu kita pengurus LSM adalah bagian dari masyarakat, makanya ikut mengawasinya.

DD Tahun 2018 Disalahgunakan, Bangunan Rabat Beton di Bukit Malintang Amburadul

“ LSM Genta Madina yang beranggotakan 23 orang di Mandailing Natal, mendukung Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution agar segera mencopot Muhammad Ikbal Nasution,menjadi Kepala Dinas PMD, karena dinilai gagal memimpin instansi itu,” ujar Chandra Siregar Minggu siang (26-5) di Kota Panyabungan.

            Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah ditempat terpisah di Jalan Kol.M.Nurdin Pasar Hilir, Minggu siang(26-5) mengutarakan turut mendukung agar Bupati segera mencopot Muhammad Ikbal Nasution menjadi Kepala Dinas PMD Madina.

            Alasannya..? saya bukan mau mencampuri urusan dan hal progratif Bupati, melainkan berdasarkan analisa kami di 374 Desa se Mandailing Natal, belum ada desa yang benar-benar berhasil mengelola DD dari tahun ke tahun, tapi justuru menimbulkan masalah baru sekarang ini ditengah-tengah masyarakat, sebab Kades kurang transparan mengelola anggaran pemerintah dari Dana Desa sejak 2015 yang lalu.

DD Saba Padang

Apalagi, ujarnya, Kadis juga sempat mengatakan bahwa Bimtek yang dilaksanakan di tahun 2019 baik yang di Medan maupun di Pekanbaru tidak diketahuinya sebagai Kadis, sementara stafnya mengatakan mereka melanjutkan perintah Kadis, berarti sebagai pimpinan Muhammad Ikbal Nasution memang tidak mampu menjadi kadis.

            Mungkinkah Bupati mau mencopotnya..? lho, kenapa tidak, kita mengetahui bahwa itu adalah hak Bupati mau dicopotnya atau tidak, hanya saja sebagi warga yang ingin perbaikan dan perubahan terkait pengelolaan Dana Desa(DD) hendaknya Bupati segera mencopotnya, bukan karena mau mencampuri urusan Bupati, walaupun Bupati tidak mau mencopot ngak masalah bagi kita, yang jelasnya kita telah usulkan.

            “ Sebenarnya Bupati ngak pernah menerima laporan yang benar dari Inspektorat, coba dilaporkan Kepala Inspektorat secara jujur, kemungkinan besar Bupati akan buru-buru mencopot Kadis PMD,sebab bukannya perubahan yang muncul, tetapi justuru masalah yang banyak muncul ditengah-tengah masyarakat,” katanya (Tin/Red)

 

 

 

 

Liputan     : Nanda Sukirno/Suaib Nasution

Admin       : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.