DLH Buang Sampah Sembarangan, Warga Desa Batang Gadis P.Bungan Barat Mengeluh

Tumpukan Sampah di jalan menuju TPA Desa Batang Gadis/M.Syawaluddin

PANYABUNGAN BARAT(Malintangpos Online): “ Bagaimana Kita Mau Membangun Seperti Yang Digembor – Gemborkan, masalah sampah saja sampai sekarang ini belum bisa kita mengatasinya,” Kata-kata itulah yang disampaikan oleh warga Desa Batang Gadis dan Batang Gadis Jae Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara kepada sejumlah Wartawan dan LSM yang turun ke desa itu, Jumat(6-12) siang.

            Kenapa rupanya..? Karena Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Mandailing Natal membuang sampah semaunya di jalan menuju Tempat Penampungan Akhir ( TPA ) Desa Batang Gadis Julu Kec Panyabungan Barat.

            M.Ayub Siregar ( 41 ) Warga Desa Batang Gadis  Kec Panyabungan Barat yang juga pemilik lahan kebun bersebelahan dengan TPA mengeluhkan akibat tidak tertatanya Pembuangan sampah di TPA mengakibatkan tersumbatnya Parit Saluran air yang membatasi TPA dengan Lahan Pertanian warga

Sehingga mengakibatkan seringnya banjir di Lahan Pertanian dan Perkebunan warga, Ayub Siregar ( 41 ) menjelaskan akibat dari seringnya Lahan Pertanian mereka tergenang oleh air dari Sampah yang ada mengakibatkan kerusakan pada tanaman Kelapa dan Kakao ( Coklat ) yang ada di lahan Pertanian mereka ( warga ).

Tanaman Kelapa, Pinang dan Coklat ( Kakao) Rusak akibat sering tergenang air dari TPA

Sementara itu Ketua Markas Cabang Laskar Merah Putih Kab Mandailing Natal M.Syawaluddin yang turun langsung meninjau lokasi TPA juga menyaksikan langsung Tumpukan Sampah yang di buang seenaknya oleh Dinas Lingkungan Hidup, sehingga berpengaruh terhadap lahan perkebunan warga

 M Syawaluddin Sangan menyesalkan sikap DLH Kab Madina yang membuang Sampah seenaknya saja, dia meminta Kepada Bupati Kab Mandailing Natal agar segera mencopot Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang tidak memiliki hatinurani dimana akibat sikapnya membuang sampah seenaknya mengakibatkan lahan pertanian warga rusak ,sehingga tanaman warga tidak dapat di penen lagi.

Pengamat Sosial  Herawati Pulungan,S.Sos Via selular dari Jakarta yang dihubungi Jumat malam(6-12) menyesalkan sikap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution yang tidak pernah peduli dengan masalah sampah, baik di Kota Panyabungan maupun di TPA Desa Batang Gadis Kecamatan Panyabungan Barat.

Maksudnya..? Pemerintah Mandailing Natal, berkoar-koar mau bangun ini dan itu, tetapi persoalan Sampah saja ngak bisa mereka atasi, apakah rakyat masih percaya dengan omongan mereka, tentu tidak, apalagi sudah banyak warga di Desa Batang Gadis yang mengeluh dan juga telah membuat tanaman warga rusak, ini harus kita gugat pemerintah.

“ Bangunan dan alat-alat untuk pengelolaan Sampah milyaran rupiah terbuang percuma, sebaiknya DPRD Madina gentelemen, mau memanggil Bupati dan Kadis Lingkungan Hidup agar masalah sampah bukan lagi yang terus dipersoalkan masyarakat,” katanya.

            Kepala Dinas Lingkungan Hidup Madina Kasmir Spd yang di Hubungi melalui Telpon Selular mengatakan sedang sibuk membersihkan sampah di Puncak muhassabah karena mau menyambut tamu, dan akan melihat keadaan TPA di Desa Batang Gadia

 Saat di tanya apakah ada rasa tanggung jawab dari DLH terhadap kerugian yang di derita warga petani akiabat rusaknya Tanaman Petani dampak dari Sampah, Kasmir menjawab tidak ada. Dan ini akan kita tinjau lagi nanti serta saat ini sedang kita usahakan membahasnya di DPRD( WhatsApp MS/Red).

 

 

Liputan : WhatsApp M.Syawaluddin

Admin   : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.