Gebyar PAUD di Madina Sukses, Program 1 Desa 1 PAUD Harus Terwujud Nyata

Bunda PAUD kecamatan dan Bunda Paud Kabupaten foto dengan Bupati Madina di Gbeyar PAUD 2017

RAJA BATU(Malintangpos Online): Bunda PAUD Kab.Madina Ny.Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, mengatakan Seperti kita ketahui bersama bahwa pendidikan di lakukan secara estafet mulai sejak dini untuk itu saya menghimbau kepada semua lembaga pendidikan anak usia dini di Kabupaten Mandailing Natal agar dapat menjadi hasanah dalam membentuk karakter yang baik dan berakhlak mulia, juga menjadi bekal ilmu bagi anak usia dini untuk masuk ke jenjang berikutnya yaitu sekalah dasar.

            “ Sudah kita ketahui bersama tidak ada pembelajaran tanpa penilaian, karena penilaian merupakan proses penetapan kualitas hasil belajar atau proses untuk menentukan tingkat kecapaian tujuan pembelajaran oleh peserta didik,” ujar Bunda PAUD Kab.Madina Ny.Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Rabu pagi(1-11) di Taman Raja Batu dalam sambutannya pada Gebyar PAUD yang berjalan dengan sukses yang ditandai dengan pelepasan Balon ke Udara disaksikan Bupati Madina dan ratusan  siswa PAUD/TK se Madina.

            Kata Bunda PAUD, Hal itu mengingat pentingnya masa emas anak usia dini, perentimulasi berupa penyediaan lingkungan yang kondusif harus kita siapkan dengan baik, sehingga anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan seluruh potensinya yang meliputi aspek moral, nilai-nilai agama dan sosial, emosional dan kemandirian kemampuan berbahasa fisik, motorik dan seni.

Di gebyar PAUD Madina 2017

Disebutkannya,Mandailing Natal terus melakukan upaya satu  PAUD satu desa dalam waktu dekat jika bapak bupati berkenan, kami akan melakukan dalam bentuk peraturan daerah yaitu wajib belajar satu tahun anak usia dini, pra sekolah dasar di Kabupaten Mandailing Natal, keberhasilan program ini tidak lepas dari peranan orang tua, lembaga pendidik di Kabupaten Mandailing Natal ini.

            Kata dia, Dengan gebyar PAUD kita tingkatkan kreatifitas paud menuju generasi emas yang gemilang serta menciptakan anak-anak yang mampu berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat sekaligus dapat memberikan pengalaman belajar yang baik.

“  Kepada guru-guru PAUD yang turut hadir disini bunda berikan apresiasi yang paling tinggi dimana telah berperan aktif dalam menghadirkan anak-anaknya juga tetap semangat untuk mendidik anak-anak PAUD, karena anak didik ini cikal bakal masa depan yang akan memajukan Kabupaten Mandailing Natal,” ujar Bunda PAUD Kab.Madina Ny.Ika Desika Dahlan Hasan Nasution yang mendapat aplus dari peserta yang hadir.

Sedangkan Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution dalam acara tersebut mengutarakan , Hari ini saya menyoroti tentang tanggung jawab orang tua tentang anak-anak usia dini yang mana selama ini kami memperhatikan banyak para orang tua yang belum melaksanakan tanggung jawab

Padahal,. Sebut bupati,  pada saat inilah pada usia yang di jelaskan bunda paud dan dinas pendidikan tadi sebenarnya anak-anak bisa kita arahkan agar menjadi anak yang berguna kelak dibelakang hari.

            Disebutkan Bupati, Saat anak usia dini ini daya tangkap anak-anak kita sangat diharapakan untuk menjadikan, agar anak-anak kita benar-benar bisa kita pandu menjadi anak yang berguna, oleh karena itu saya minta kepada bapak ibu guru, terutama kepada orang tua agar anak-anak senantiasa diberikan arahan senatiasa diperdengarkan hal-hal yang berguna.

Suasana acara Gbyar Paud Madina 2017

Kata bupati,Biasanya di rumah tangga jarang terhindari bapak dan ibu bertengkar di dekat anak, ini sangat tidak menguntungkan buat anak dan juga orang tua, hal ini saya sampaikan adaah apa yang di dengar oleh anak akan terekam, ucapan-ucapan yang kasar akan di tangkap oleh si anak disaat usia dini ini.

            Oleh karena itu,katanya,  saya berharap pada seluruh orang tua agar menguatkan agama kepada anak-anak kita pada saat usia dini, demikian juga menguatkan adat  budaya jika kita ingin memperdalam menanamkan dan melestarikan adat budaya maka dalam usia dinilah tanamkan kepada anak kita agar anak sampai masa tuanya tidak akan lupa adapt budayanya.

            Anak adalah amanah, oleh karena itu bentuklah anak-anak kita ini dengan penuh tanggung jawab, karena bagaimanapun juga nanti di yaumil akhirat Allah SWT akan meminta pertanggung jawaban kepada kita tentang anak

“ dalam kesempata ini saya ingin merobah sikap kita kepada anak, sayangilah dan dekatilah anak apalagi kita lihat perkembangan zaman, apabila kita tidak kuat mengayomi anak maka anak lebih dominan mengkuti menjadi anak-anak yang mengikuti sifat yang didapatnya dari luar, inilah yang terpenting untuk anak-anak kita dan masa depan,” ujar Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution semberi membuka Gebyar PAUD.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan Madina Jamilah Harahap,SH melaporkan kepada Bunda PAUD dan Bupati Madina, bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam menyambut Gebyar PAUD se Madina dilakukan berbagai perlombaan dan juga tari-tarian serta perlombaan membaya ayat bagi anak PAUD/TK se Madina(Putri)

 

 

 

 

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.