Gerindra Juga Menolak, HMI Madina Tolak Kenaikan Harga BBM

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): ” Kami Menolak Tegas Kenaikan Harga BBM, Karena Akan Menyengsarakan Rakyat Kecil nantinya,” Ujar  Seratusan Orang Mahasiswa HMI Cabang Mandailing Natal, Jumat(9/9) yang melakukan Aksi Unjuk Rasa Ke Gedung DPRD.

Wartawan Malintang Pos Group Dita Risky Saputri, SKM dan Siti Khoiriah, melaporkan langsung, aksi HMI yang bergerak dari Kantornya, dengan naik Mobil dan Sepeda Motor dikawal langsung Kapolres Madina AKBP.HM.Reza CAS,S.IK.SH.MH.

Sekitar pukul 09.45 Wib Rombongan Aksi Demo kumpul di Simpang Kantor Bupati, dengan jalan Kaki, bersama sejumlah Polisi dan Ketua HMI Cabang Madina dan terlihat Kapolres Madina AKBP.HM.Reza CAS,S.IK.SH.MH paling depan berjalan bersama menuju Gedung DPRD dan sampai pukul 10.15 Wib.

Di Gedung DPRD Madina, terlihat Sekitar 150 Orang Polisi/Polwan paling depan, menyambut Mahasiswa dengan Pagar Betis dan sejumlah Petinggi HMI Cabang Mandailing Natal, langsung Orasi, menolak dengan tegas Naiknya Harga BBM Oleh Pemerintah  dan Mahasiswa yg orasi bergantian, dengan tujuan yang sama ” Menolak Dengan Tegas Kenaikan Harga BBM “Yang ditetapkan 03 September 2022 yang lewat.

Kapolres Madina AKBP.HM.Reza CAS,S.IK SH.MH, sempat berbicara, menyampaikan bahwa pihaknya telah memediasi keinginan mahasiswa dengan Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis,SH yang juga Ketua DPC.Grindra Mandailing Natal itu.

Tiba – tiba, Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD, serta sejumlah anggota DPRD dari Fraksi Gerindra DPRD Madina H.Zainuddin Nasution,S.Sos, Zaiful Gozali, Suwandi, Juwita(Demokrat) dan Asmaruddin( PAN) muncul dan menanggapi Aspirasi Mahasiswa.

” Saya selaku Ketua DPRD, tidak pernah monolak siapa sajapun yang datang ke Gedung DPRD, silakan masuk, tapi jangan bawa bahbu ke dalam gedung,” Ujar Erwin Efendi Lubis,SH, yang juga Ketua DPC.Gerindra Mandailing Natal itu, yang mendapat Aplus dari Mahasiswa dan mereka dengan tertib menuju ruang Paripurna.

Di Ruang Paripurna, mahasiswa sempat menyampaikan Orasi, juga terkait dengan Kenaikan Harga BBM dan setelah menyampaikan Aspirasi dan sejumlah Pantun, mahasiswa memohon agar Pimpinan DPRD ikut mendukung dan menanda tangani Pernyataan Sikap HMI Cabang Mandailing Natal.

Adapun isi Nota Kesepakatan HMI Cabang Mandailing Natal, antara lain, 1. Menolak kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga BBM bersubsici karena akan mengorbankan
kondisi ekonomi rakyat, terutama masyarakat kelas menengah ke bawah dan pelaku usaha mikro
kecil menengah (UMKM) yang belum sepenuhnya pulih akibat terpaan COVID-19.

2. Meminta pemerintah untuk mencabut kebijakan dalam kenaikan tarif dasar listrik.

3. Mendesak pemerintah untuk memberantas mafia di sektor migas.

4. Menunda Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tidak langsung bagi rakyat dan alihkan anggarannya
untuk subsidi BBM.

5. Transparansi data anggaran subsidi.

6. Peran pemerintah daerah terhadap dampak kenaikan BBM dalam upaya ketahanan pangan.pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Yang ditanda tangani, Ketua Umum HMI Cabang Mandat Natal Mhd Riswan, Ketua DPRD Kabupaten Mandailing Natal Erwin Efendi Lubis,SH,Wakil Ketua DPRD II Mandailing Natal Erwin Efendi Nasution, Koordinator Aksi Sonjaya Rangkuti dan Koordinator Lapangan Azis Shodiqin.

Pada waktu diruang Paripurna juga, Ketua DPRD yang juga Ketua DPC.Gerindra Madina Erwin Efendi Lubis,SH, Mengakui bahwa dirinya akan ke – Colombia dan demi untuk berjuang bersama dengan Mahasiswa, keberangkatannya ditunda.

” Sayalah sebagai Ketua DPRD dan juga Ketua DPC.Gerindra Madina, yang menolak kebijakan Kenaikan Harga BBM ini, buktinya hari ini 4 anggota DPRD dari Gerindra hari ini hadir bersama Mahasiswa untuk menolak Kenaikan harga BBM,” Ujar Erwin Efendi Lubis.SH dengan suara Lantang dan langsung di Aplus mahasiswa dari HMI

Setelah menyahuti dan mendengarkan aspirasi dari mahasiswa HMI, Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis,SH, berjanji akan mendukung dan akan menyampaikan semua aspirasi-aspirasi yang disampaikan mahasiswa terkait kenaikan harga BBM dan akan membuat surat yang menyatakan penolakan kenaikan harga BBM ke pusat paling lama pada hari Senin.

Demo berakhir dengan ditanda tanganinya surat pernyataan yang menyatakan bahwa DPRD Madina setuju dengan penolakan harga BBM di Indonesia,  yang ditanda tangani langsung oleh Ketua DPRD Madina dan sebelum bubar, photo bersama antara Ketua DPRD Madina dengan mahasiswa yang demo.( Dita/Riah/Aris)

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.