Gubernur Apresiasi UKW Angkatan 38 PWI Sumut

Teks foto :
Peserta UKW Angkatan 38 foto bersama para Penguji Nasional di Hotel Garuda Plaza Medan, Rabu pagi (23/3/2021).

MEDAN (Malintangpos Online): Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu) H Edy Rahmayadi mengapresiasi pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 38 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut.

Hal itu diutarakan Gubsu dalam sambutan diwakili Kadis Kominfo Provsu Irman Oemar pada pembukaan UKW PWI Sumut Angkatan ke-38 di Hotel Garuda Plaza Medan, Rabu pagi (23/3/2021). UKW berkangsung dua hari hingga Kamis (24/3).

Hadir saat itu Ketua PWI Sumut H. Hermansjah, SE, sejumlah Penguji UKW PWI Pusat diantaranya Dedi Sahputra, MA yang juga Anggota Komisi UKW PWI Pusat, Deni Kurnia yang juga Staf Khusus Gubernur Riau, Tarmilin Usman yang juga Ketua PWI Aceh, Drs. M. Syahrir, M Si yang juga Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sumut, dan Edward Thahir, S.sos yang juga Sekretaris PWI Sumut.

Lebih lanjut dikatakan Irman Oemar, UKW yang dilaksanakan PWI merupakan bagian dari program skala prioritas Provinsi Sumatera Utara (Provsu) sehingga perlu didukung secara simultan. Terlebih mengingat peran wartawan sangat penting sehingga wartawan menjadi saudara khusus bagi Gubsu.

“Gubsu menilai wartawan dengan tugas mulianya merupakan energi positif untuk bergerak bersama guna memajukan Provinsi Sumatera Utara,” ujar Irman seraya mengajak wartawan dapat menyajikan pemberitaan konstruktif yang membangun dan solutif sehingga jajaran Pemprovsu dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk kebaikan masyarakat.

Sebelumnya Ketua PWI Sumut H. Hermansjah, SE melaporkan jumlah peserta UKW Angkatan ke-38 diikuti sebanyak 38 peserta untuk tingkatan Muda. Pembiayaan sepenuhnya ditanggung hibah APBD Provsu 2021.

“Melalui UKW ini diharapkan lahir wartawan-wartawan profesional yang kompeten,” harap Herman seraya mengajak peserta serius mengikuti UKW hingga berakhir dan lulus.

Sementara Dr. Dedi Sahputra, MA mewakili Ketua Umum PWI Pusat mengatakan, PWI komit tingkatkan profesionalisme wartawan melalui UKW mengingat melalui cara inilah yang tepat untuk meluruskan cara kerja wartawan di tengah masyarakat. Karena itu Penguji atau Asesor yang diturunkan adalah Penguji-Penguji nasional bersertifikat Dewan Pers.

Pentingnya profesionalisme wartawan, kata Dedi mengingat profesi wartawan yang sangat strategis sampai-sampai ada usul menyejajarkan profesi wartawan setara dengan tugas Trias Politica, yakni Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. (rel/wie)

 

Admin ; Iskandar Hasibuan,SE.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.