Harapan Bupati Solok,Dana Yang Tersisa Dapat Digunakan Kembali

SOLOK(Malintangpos Online): Pemerintah  Kab. Solok, Jum,at ( 15/5 ) melaksanakan rapat evaluasi anggaran yang laksanakan di Guest House Arosuka.

Bupati Solok H. Gusmal SE, MM pada rapat Evaluasi Realokasi dan Refocusing Anggaran menjelaskan bahwa, Refocusing ini adalah dalam rangka memfokuskan kembali belanja yang memungkinkan untuk realokasi anggaran pencegahan penanganan Covid 19

Karena Covid 19 ini sebagai pandemi global, maka sangat berdampak sekali terhadap perobahan APBD tahun 2020, maka tidak lagi terfokus pada pencapaian target RPJMP tahun 2020 jelas Gusmal.

Anggaran yang dapat direalokasikan ialah kegiatan yang secara umum kurang prioritas, dana yang masih diblokir, dana yang masih belum ditenderkan serta kegiatan yang dibatalkan karena perubahan situasi seperti saat Covid 19 ini, dan untuk menindak lanjuti SKB Mendagri dan Menkeu tanggal 9 April tahun 2020 tentang penyesuaian APBD tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid 19 serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian nasional, Pemerintah daerah telah melakukan Refocusing untuk belanja modal 38%, belanja barang dan jasa 19% yang direlokasikan dan untuk belanja BTT sebesar 35 M imbuhnya.

Saat ini diperlukan pemahaman secara bersama sama mengenai penggunaan anggaran yang telah direfocusingkan pada masing masing SKPD untuk dapat direalokasikan dengan tepat sasaran serta realokasi kegiatan ini direkomendasikan untuk benberapa hal antara lain belanja untuk keperluan kesehatan dalam rangka pencegahan dan penanganan Covod 19 dan penyediaan jaring pengamanan sosial serta pengamanan dampak ekonomi ujar Gusmal.

Bupati juga berharap agar wabah virus Covid 19 ini dapat secara cepat diatasi dan berlalu sehingga sisa anggaran yang direalokasikan dapat dipergunakan kembali untuk anggaran semula.

Bupati Solok H.Gusmal SE,MM pada rapat Evaluasi Realokasi dan Refocusing anggaran Pemda Kab. Solok didampingi oleh Sekda Kab. Solok Aswirman SE, MM, Asisten Koor Administrasi Sony Sondra, Asisten Koor Ekbangkesra Medison serta kepala SKPD di Lingkup Pemkab. Solok beserta jajaran dan Camat se Kab. Solok(Albetra)

Admin : iskandar

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.