Harapan Warga 5 Desa di Madina, Gubsu Segera Turunkan Ahli Giologi ke Tor Targongga

Kondisi wilayah Tor Targongga di Desa Pagaran Gala-Gala Panyabungan Selatan yang porak poranda karena longsor.

TANOBATO(Malintangpos Online) : ”Sebelum terlambat, ataupun sebelum ada Longsor Susulan dari Tor Targongga di Desa Pagaran Gala-Gala Kecamatan Panyabungan Selatan,Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara,warga lima(5) desa mengharapkan kepada Gubsu untuk segera menurunkan Ahli Giologi,” ujar Siti Aminah warga Panyabungan Selatan kepada Tim Malintangpos Online,Senin(31-01) di Desa Tanobato.

            Untuk apa ahli Giologi…? Mempelajari struktur, komposisi, dan sejarah dari kerak bumi yang terdapat di Tor Targongga yang telah meluluh lantakkan areal Perkebunan 42 KK diwilayah itu, serta jika terjadi Longsor Susulan akan dapat lebih besar lagi kerugian yang dialaminya.          
            Disampaikan Siti Aminah,kejadian longsor pertama telah disampaikan kepada Camat Panyabungan Selatan, Camat telah menyurati Bupati Madina, Bupati telah menyurati Gubsu agar diturunkan Ahli Giologi dan tentu jika kejadian longsor ini ada susulan nantinya yang disalahkan adalah Gubsu yang belum resfon terhadap kondisi postur tanah yang ada diwilayah Tor Tagongga.
            Makanya, warga lima desa sekarang ini aplusan untuk jaga disekitaran Tor Targongga yang dapat nanti memberikan aba-aba jika longsor susulan yang dikhawatirkan masyarakat terjadi, tapi kita bukan mau menginnginkannya, berjaga-jaga untuk antisifasi saja.
            Camat Panyabungan Selatan Syamsir yang ditemui dikantornya, Senin(30-01) mengatakan bahwa pihaknya telah menjadikan kejadian Longsor sebagai SIAGA bagi masyarakat, artinya masyarakat setiap harinya ada yang menjaga Posko Siaga, ada yang sengaja diutus ke puncak Tor Tagongga guna untuk mengetahui apakah akan terjadi Longsor Susulan dimusim hujan saat ini.
            Disampiakannya, baik pihak BPBD maupun Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution telah memberikan petunjuk kepada pihaknya di Kecamatan, serta Bupati Madina juga telah menyurati Gubsu agar diturunkan ahli Giologi.
            “ Kita di Kantor Camat buat Posko SIAGA, serta di Desa juga dibuat Posko SIAGA yang dijaga oleh seluruh warga yang diwakili oleh 10 orang setiap desa diwilayah kakiTor Targongga maupun dibawahnya,” katanya.
Gubsu Harus Tanggap
            Sementara itu Ketua DPC.PDIP Kab.Madina Iskandar Hasibuan, mendesak Gubsu maupun DPRD Sumut,untuk segera menurunkan Ahli Gilogi ke Tor Targongga Desa Pagaran Sigala-Gala Panyabungan Selatan agar masyarakat merasa tenang.
            “ Kita mendesak Gubsu segera menurunkan Ahli Giologi, jangan nanti setelah ada korban jiwa baru kita rebut mengatakan ini dan itu, mumpung belum terjadi longsor susulan segera turunkan ahli Giologi,” katanya.(Red).
Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.