Harapan Warga Desa Pagaran Tonga, Perbaikan Tanggul Aek Kitang Harus Diawasi

Plongan Pondasi Tanggul setelah Tumbang dilihat warga

PAGARAN TONGA(Malintangpos Online): Warga Desa Pagaran Tonga, Desa Gunung Manaon Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, mengharapkan kepada Bupati Madina Cq. Kadis Pekerjaan Umum Penataan Ruang(PUPR) dan Komisi 3 DPRD(Bidang Pembangunan) dalam mengerjakan kembali proyek Tanggul/Dek Aek Kitang yang tumbang Selasa(28-11) sepanjang hampir 40 Meter diawasi dengan baik agar tidak tumbang/roboh lagi.

            Alasannya, berdasarkan pengamatan warga selama mengerjakan proyek PUPR Madina Cq.Bidang Pengairan tersebut sama sekali ngak diawasi dengan baik, baik penggalian dan kualitas adukan semen dari pemasangan tanggul/dek,padahal proyek yang dialokasikan untuk penahan banjir itu sangat didambakan oleh masyarakat kedua desa yang selama ini menjadi langganan banjir.

            “ Tolonglah pak Bupati dan DPRD Madina diawasi pekerjaan proyek itu kembali, kami bukan menyalahkan siapa siapa, namun kami sangat khawatir pekerjaan kembali proyek itu oleh kontraktornya tidak seperti yang kami harapkan,” ujar puluhan warga Desa Pagaran Tonga Kecamatan Panyabungan, Minggu sore(3-12) ketika meninjau tanggul/dek penahan banjir yang tumbang disebabkan pekerjaan yang kurang kualitas itu.

Sisa Tanggul dan lokasi Tanggul yang Tumbang

Kata warga, Tanggul Aek Aek Kitang yang Tumbang Selasa(28-11) lalu sejak awalnya sudah diperkirakan warga akan jatuh, sebab sistim kerja yang dilakukan oleh kontraktor yang mengerjakan boleh dibilang sangat kurang sekali penggaliannya, apalagi ketika dimasukkan plongan kedalam penggalian, kami melihat kurang kedalamannya dan butinya akhirnya belum apa apa sudah tumbang, yang rugikan kontraktornya sama pemerintah, kalau rakyat kalau banjir kembali ikut rugi.

            Kata warga, bahwa pihak kontraktor sudah kembali kerja dilokasi yang tumbang sekitar 40-45 Meter dari sekitar 100 Meter Tanggul/Dek, makanya kami sebagai warga MOHON kepada Bupati dan DPRD menugaskan orang-orang yang akan mengawasinya pada waktu pekerjaannya dan disnilah nanti dilihat warga apakah ada orang yang akan melakukan pengawasan proyek APBD Madina Tahun 2017 di PUPR MadinaCq.Bidang Pengairan itu.

            “ Kami mengharapkan secara khusus kepada Ketua Komisi 3 dan anggota Komisi 3 DPRD Madina,untuk turun langsung melihat pekerjaan kembali proyek pembangunan Tanggul/Dek yang jatuh/tumbang di Aek Kitang Desa Pagaran Tonga,” ujar warga.

            Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang(PUPR) Kab.Madina Abdul Khalik Nasution yang dihubungi Minggu(3-12) via selular, membenarkan bahwa proyek yang tumbang di Aek Kitang Desa Pagaran Tonga Kecamatan Panyabungan adalah proyek PUPR Madina Tahun 2017.

            “ Benar itu proyek PUPR Madina, sudah kita perintahkan PPK untuk mendesak kontraktor agar segera diperbaiki dan akan dlakukan pengawasannya dalam perbaikan kembali proyek dimaksud,” ujar Kadis PUPR Madina Abdul Khalik Nasution(Red).

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.