Harapan Warga Kepada BPKP Sumut, Kabag Kesra Madina Segera Diaudit Anggarannya

Kegiatan Tablihg Akbar di Madina/Dokumen

MEDAN(Malintangpos Online): Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat(LSM) di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang mendapat Mandat dari warga Kabupaten Mandailing Natal, mengharapkan kepada BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan Sumatera Utara,untuk segera mengaudir anggaran Bagian Kesra yang diduga penggunaannya disalahgunakan.

            “ Kalau Inspektorat dan Kejaksaan Madina, kita sangat tidak percaya mau melakukan pemeriksaan, karena ada indikasi Kabag Kesra mampu membungkamnya, makanya kita sangat berharap agar BPK Perwakilan Sumut atau Kejaksaan Tinggi Sumut turun langsung melakukan pemeriksaan kepada Kabag Kesra Madina,” ujar Ketua LSM.Merpati Putih Tabagsel Khairunnisyah kepada Wartawan, Jumat pagi(24-5) di Halaman Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Medan.

            Contoh, ujarnya, pada Bagian Kesra sangat banyak sekali proyek Pengadaannya, sehingga di khawatirkan dalam pengelolaannya atau prakteknya perusahaan yang mengelola proyek pengadaan di Bagian Kesra Pemkab Madina ada main antara Kabag dengan pihak pemilik perusahaan, karena itu sebagai warga kita ingin segera BPKP ataupun Kejaksaan Tinggi Sumut memeriksanya.

            Misalnya, kegiatan Pemberangkatan Jemaah haji, kegiatan Tablihg Akbar, Pengajian, Safari Ramadhan 1440 H serta kegiatan-kegiatan lainnya, sering masyarakat mendengar bahwa prakteknya dilapangan sangat bertolak belakang dengan anggaran yang tercantum dalam setiap APBD dari tahun ke tahun.

            Sementara itu, Sekretaris LSM.Genta Madina Chandra Siregar juga di halaman Kejaksaan Tinggi Sumut, mempradiksi bahwa anggaran APBD dari tahun ke tahun di Bagian Kesra Pemkab Madina banyak yang disalahgunakan, namun Inspektorat dan Kejaksaan Negeri Madina enggan untuk melakukan pemeriksaannya.

            Kenapa begitu..? kemungkina karena paktor kedekatan antara Kabag Kesra dengan Bupati Madina, serta ada kemungkinan beberapa pihak di Mandailing Natal, selalu mendapat jatah khusus dari staf Bagian Kesra setiap waktunya.

            “ banyak sekali kegiatan-kegiatan yang anggarannya di duga di salahgunakan oleh Bagian Kesra., termasuk honor guru MDA serta kegiatan-kegiatan lainnya selama ini di Bagian Kesra Kabupaten Mandailing Natal,” ujar Chandra Siregar.

            Kepala Bagian Kesra Madina Toras Nasution yang coba di konfirmasi Jumat (24-5) tidak berhasil karena tidak masuk kantor, ketika dihubungi HP nya juga tidak diangkat dan di SMS juga tidak ada jawaba ( Min/red)

 

 

 

 

Admin     : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.