Harapan Warga, Stop Tambang Emas Ilegal di Madina

Warga memanggul korban Tambang Emas Aek Sarahan.

MEDAN(Malintang Pos Online):” Malang Benar Nasibnya,”Kalimat itulah yang cocok disampaikan kepada Solahuddin Nasution(40)warga Desa Hutarimbaru Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal,Sabtu Malam(7-1) meninggal dunia akibat terjadinya longsor dilobang tambang emas daerah Aek Sarahan Kecamatan Hutabargot.

            “Mau marah, mau demo ataupun mau protes seluruh masyarakat yang menggantungkan hidupnya dilokasi Tambang Emas yang ada diwilayah Eks Taman Nasional Batang Gadis(TNBG) mulai dari Tor Sihayo sampai Tor Sigantang sudah waktunya Pemerintah untuk menyetopnya sebelum korban jiwa bertambah,” kata Dorlansah Putra Lubis.SH Aktivis Kemanusian di Kota Medan,Minggu(8-1).
            Kata Dorlansah,jika Pemerintah ataupun Polisi kalah dengan ancaman penambang Ilegal sudah tak zamannya lagi, memang banyak aktivis di daerah kita Mandailing Natal yang seolah-olah ngak bersalah dengan penambangan Ilegal yang terjadi selama ini, karena aktivis itu punya kepentingan dalam masalah Tambang Emas Ilegal tersebut tanpa mau dia menyebut siapa siapa aktivisnya.
            Seharusnya, kita yang mengetahui peraturan tentang itu dapat membantu masyarakat mencari jalan keluarnya, bukan dengan cara membiarkannya sampai banyak korban jiwa, sekarang belum ada bahayanya kepada kita, tapi ingat kita mempunyai Tuhan Yang Maha Esa akan dapat masalah kita dimasa mendatang.
            Kenapa begitu..? sesuai informasi sejak adanya Tambang Emas diwilayah kita telah ratusan orang diperkirakan yang nyawanya hilang sia-sia tertimbun tanah tanpa ada upaya untuk melakukan pencarian atau dibiarkan begitu saja didalam lobang kalau sudah tertimbun, karena memang ngak bisa diambil orang yang tertimbun.
            Makanya, sebaiknya Pemerintah Madina maupun Provinsi Sumut bertindak secara tegas, jangan setelah mengambil korban lebih banyaklagi baru di stop itu Tambang, kalau ada yang melakukan perlawanan pasti bisa ditasai.
            “ Stop Tambang Emas Ilegal di Mandailing Natal dan Pemerintah Madina sebaiknya mencari solusinya agar korban tidak ada lagi dimasa mendatang ini,”katanya.(red).

 

Admin : Dina Sukandar  A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.