Harga Beras Lokal Di Pasar Sibuhuan Bertahan Di Angka 10.000,-/Kg

Mama Tomu Pedagang beras saat di jumpai SIB dilokasi dagangannya, Jalan Jenderal Sudirman Lingkungan 1 Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Senin(9/1).

SIBUHUAN (Malintangpos online) : “Sejak dua bulan ini, harga beras lokal di Pasar Sibuhuan bertahan di angka Rp10.000/ Kg. Bertahannya harga yang suda torgolong tinggi itu dari beberapa bulan sebelumnya yang hanya kisaran 9 ribuan/ Kg, di sebabkan harga gabah petani padi pada saat ini sudah mencapai 5.300/ Kg ( 53.000/ Kaleng). Hal itu di ungkapkan salah seorang pedagang beras Mama Tomu (55) warga Desa Pagaran Silindung Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas, saat di sambangi SIB di tempat dagangannya Jalan Jenderal Sudirman Lingkungan 1 kekurahan Pasar Sibuhuan, Senin (9/1).

Walaupun musim panen bagi para petani padi saat ini di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Padang Lawas ( Palas), Mama Tomu yang juga berprofesi sebagai Toke ( Pembeli) gabah ini,  mengatakan hasil panen itu tidak bisa mempengaruhi harga beras. Karna dia menilai hasil panen dari seluruh petani padi se- Palas tidak bisa mencukupi, kebutuhan beras sebagai bahan makanan pokok masyarakat Palas.
“Hasil panen itu tidak bisa mempengaruhi harga”.kata Mama Tomu.
Di sisi lain, mahalnya harga beras di Kabupaten Padang Lawas saat ini di ungkapkan salah seorang pedagang di Lingkungan 1 Pasar Sibuhuan yang enggan menyebutkan namanya Kepada MP, di akibatkan sebagian besar beras yang beredar di sejumlah pasar di Palas hingga di tingkat desa, di pasok dari Kota Tebing Tinggi Sumut.
“Ongkosnya dan modalnya dah berapa, yang di jual ini kan rata – rata dari tebing tinggi, makanya agak mahal sikit, kalau hasil dari petani kita sudah jelas kita kekurang beras se Palas”. ungkap pedagang yang enggan menyebut namanya.(Kad).
Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.