Hari HIV AIDS Sedunia Diperingati Dinkes Palas

Kadis Kesehatan Palas Hj.Leli Ramayulis SKM MKes photo bersama paniti di lapangan merdeka Sibuhuan.

SIBUHUAN (Malintangpos Online):Peringatan Hari AIDS sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember. Hari AIDS sedunia diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.
Wakil Bupati Padanglawas (Palas),drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi, saat memperingati Hari AIDS se dunia yang bertemakan “Saya Berani Sehat” , diselenggarakan  di Lapangan Merdeka Sibuhuan Kecamatan Barumun tahun 2017, Rabu (20/12/2017).
“Hari AIDS menjadi momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad untuk memerangi kasus penyakit HIV dengan memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Juga memperdayakan masyarakat hingga bahaya HIV/AIDS dapat kita hindari,” ujar Zarnawi
Menurut Zarnawi,  tugas Puskesmas menjadi penting untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyebaran AIDS yang disebabkan penularan HIV ini.
Sementara itu mewakili Kadis Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dr.Yanda Ardanta MKes didampingi Kadis Kesehatan Palas Hj.Leli Ramayulis SKM MKes mengatakan, bahwa kasus penyakit HIV/AIDS ibarat Gunung Es, dimana yang tampak hanya jumlah kasus yang terdata saja. Karena itu, dr.Yanda mengimbau kepada masyarakat, khususnya kepada para pengidap HIV/AIDS agar secara rutin memeriksakan kondisi kesehatannya. Sebab, kesadaran para penderita untuk kontrol sangat rendah, sehinga antisipasi pencegahan penularan HIV/AIDS menjadi sulit dilakukan.
“Sebab seorang penderita (HIV/AIDS) bisa menularkan kepada 100 orang. Jadi, jika yang terdata 270, maka diprediksi ada 2.700 penderita, dimana selebihnya belum ditemukan,” kata dr.Yanda selaku Pengelola Program HIV AIDS Dinkes Provsu
Menurutnya, kerja sama semua pihak, hingga kepedulian bersama sangat diharapkan dalam mengatasi penyakit AIDS. “Mengatasi HIV/AIDS merupakan kepedulian kita bersama, maka jangan ragu melakukan tes pemeriksaan. Lalu jangan mendiskriminasi orang yang terkena penyakit HIV,” ujarnya.
Dalam peringatan  tersebut Wakil bupati bersama Kadis kesehatan Palas, dr.Yanda melepas balon dan merpati sebagai kepedulian pemerintah terhadap pencegahan penyakit HIV AIDS di Palas umumnya Sumut.
Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi, Kadinkes Palas, Pengelola Program HIV AIDS Provsu dr.Yanda para Pimpinan SKPD, Direktur RSUD Sibuhuan, Kampus se-Palas, Bidan, Perawat dan anak sekolah Kesehatan, serta masyarakat yang menjadi peserta dalam acara tersebut.(AH)

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.