Hr.Waspada Menjadikan Aku Dikenal Masyarakat(1)

SETIAP Tanggal 11 Januari setiap tahunnya sejak tahun 1993 yang lalu selalu membuat naluri Jurnalistik ku bangkit dan semangat dalam melakukan liputan,khususnya ketika ada tugas Investigasi maupun liputan khusus yang diamanahkan pimpinan Hr.Waspada Medan.

Kenapa rupanya..? Karena tanggal 11 Januari 1993 tersebutlah saya sebagai Wartawan Hr.Waspada pertama sekali ikut di Hari Ulang Tahun Hr.Waspada.

Awalnya, saya ketika masuk dan diterima di Hr.Waspada April 1992 tanggalnya sudah lupa, karena saya melamar atau membuat surat lamaran ke Hr.Waspada dengan secarik kertas HPS, tanpa meterai ditujukan ke Pimpinan Hj.Ani Idrus.

Seminggu setelah surat lamaran itu mendapat balasan dan dipanggil Hj.Ani Idrus dan menghadap kepadanya langsung dan saya waktu itu bingung mau buat berita,karena waktu itu saya tidak pernah buat berita.

Masih segar ingatanku ketika kutanya Bunda Hj.Ani Idrus ” bu gimana buat berita ” oleh Bunda menjawab ” Buat apa yang ada kau lihat disekelilingmu dan jangan tanya berita dari balik pintu,tapi ingat jangan coba -coba terima uang dari pejabat, ini surat tugas mu ananda,” ujar Bunda Hj.Ani Idrus waktu itu.

Singkat cerita, saya pulang ke Panyabungan dan mencari orang yang mengerti buat berita dan belajar membuat berita dan tetap memegang nasehat Bunda Hj.Ani Idrus dan mempedomani 5W + 1 H sebagai cara membuat berita.

Tahun 1992 Berita muncul dari Kota Panyabungan waktu itu,banyak masyarakat heran dan bertanya siapa Wartawan Hr.Waspada di Panyabungan,karena hampir setiap hari ada saja berita muncul di Hr.Waspada.

Sebagai seorang Wartawan yang mendapat gembelengan dari Bunda Hj.Ani Idrus langsung,tidak saya sia -siakan kepercayaan yang diberikan,tiap hari ada saja berita dari saerah Panyabungan ataupun wilayah Mandailing dan Natal waktu itu.

Alhamdulillah,atas bimbingan dari Bunda Hj.Idrus, H.Teruna Jasa Said,Prabudi Said, Maskur Abdullah,Edy Saputra Sjormin, Hendra DS dan Gito AP sebagai Wartawan Hr.Waspada nama saya semakin dikenal masyarakat,lebih -lebih pejabat Pemda Tapsel,TNI,Polisi dan sangat dibenci oleh Pengusaha Sawit dan Walet pada waktu itu,karena Liputan yg dibuat setiap waktunya.

Sejak tahun 1993 – 2000 berita yg kubuat di Hr.Waspada banyak pejabat yang panas dingin dibuatnya,lebih -lebih pejabat Dinas Kesehatan dan Dinas Kehutanan,tapi Pimpinan Hr.Waspada terus membimbing saya agar tetap menjadi Wartawan yang profesional dan kesempatan belajar dan tugas diluar Tabagsel diberikan kesempatan.

Hr.Waspada Medan menjadikan saya dikenal banyak orang dan tidak sedikit yang memusuhi dan diancam bunuh sudah terbiasa dari orang yang tidak senang diberitakan di Hr.Waspada Medan yang ulang tahun ke 74 Selasa 11 Januari 2021.( Bersambung Terus)

Admin dan Penulis Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.