Hujan Guyur Panyabungan, Tanggul Aek Kitang Manyabar Hanyut Terbawa Arus Sungai

Pinggiran Aek Kitang/Rantopuran yang mengikis Tanggul yang membendung Desa Manyabar

MANYABAR (Malintangpos Online): ”Kapan Kami bisa tenang dan tidak Trauma jika hujan turun diwilayah kita,”Kalimat itulah yang disampaikan oleh ratusan KK warga Desa Manyabar Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal kepada Tim Redaksi Malintangpos Online yang melihat luapan sungai(Aek) Rantopuran/Aek Kitang yang kerap kali membuat masyarakat sport jantung jika musim hujan.

            Memang, Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution beberapa waktu lalu telah mewanti-wanti Kepala BPBD dan Kadis PUD Madina untuk menyelesaikannya, perintah itu memang telah terwujud dan warga merasa aman dan Sabtu dan Minggu(21-22/01) hujan mengguyur Panyabungan dan Aek Rantopuran meluap membuat Tanggul penahan banjir yang dibangun beberapa waktu lalu terbawa arus sungai dan jika tidak diatasi segera akan membuat Desa Manyabar dan sekitarnya akan kembali terendam air/banjir.
            Karena itu, warga yang jumlahnya ribuan jiwa sangat berharap dan minta perhatian Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution agar segera dibangun tanggul yang parmanen dan Ketua DPRD dan anggota Komisi 3 DPRD juga telah pernah meninjaunya dan berjanji untuk membangun tanggul penahan banjir.
            “ Kami sangat berharap jika memang sudah ditampung dalam APBD Tahun 2017 segeralah dibangun tanggul penahan banjir, karena jikadilama-lamakan bisa menimbulkan kerugian yang lebih besar dimasa mendatang ini,” ujar warga mengaku marga Nasution itu.
            Kepala Desa Manyabar Alimusa Nasution yang dihubungi,Senin(23-01) Via selular, membenarkan bahwa Aek Rantopuran meluap dan membuat Tanggul penahan yang dibuat oleh PUD dan BPBD hanyut dikikis oleh derasnya sungai Rantopuran/Aek Kitang yang membelah desa itu.
            “Benar sekali tanggul penahan banjir yang baru-baru ini dibuat telah terkikis derasnya aek rantopuran dan jika ngak dibangun tanggul parmanen akan membuat desa itu kembali dilanda banjir,”kata Kades Manyabar Alimusa Nasution(KTM).
            Wakil Bupati Madina HM.Jafar Sukhaeri Nasution yang dihubungi Via selular,Senin sore(23-01) mengatakan bahwa bukankah tanggul sudah dibangun, kalau benar terbawa arus sungai akan saya suruh BPBD melakukan pengecekan.
            “ Saya akan perintahkan pihak BPBD dulu untuk mengeceknya, terima kasih kepada Malintangpos Online yang telah memberikan informasi,” katanya.(red).
Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.