HUT Ke – 71, Bupati Madina : IBI Punya Peranan Penting Turunkan Stunting

PARBANGUNAN(Malintangpos Online): Bupati Mandailing Natal HM Ja’far Sukhairi Nasution, menghadiri kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 71, di Gedung Serbaguna, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Sabtu (6/8).

Bupati Madina HM.Ja’far Sukhairi Nasution mengatakan, bahwa IBI memiliki peranan penting dalam penurunan angka Stunting.

Kata Bupati, IBI sangat berperan penting dalam mengatasi persoalan stunting dan pelayanan kesehatan lainnya.

HUT IBI ke 71, mengusung tema ” Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mengawal Kesehatan Ibu dan Bayi untuk Mewujudkan Indonesia Unggul dan Indonesia Maju”

Sukhairi juga tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada IBI yang sudah berusia 71 tahun.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Mandailing Natal saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk IBI yang berusia 71 tahun saat ini,” ucapnya.

Menurut Bupati, IBI juga memiliki pengaruh di tengah-tengah masyarakat. Dan profesi bidan saat ini sebuah tantangan.

“Profesi bidan adalah sebuah tantangan dan IBI sangat punya pengaruh di tengah-tengah masyarakat khususnya di bidang kesehatan,” tuturnya.

Sukhairi juga meminta IBI agar terus melakukan pembenahan ke depannya.

“Kontribusi dari IBI baik itu berupa pemikiran, tentu sangat diharapkan oleh pemerintah daerah dalam hal meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Sebelum menutup sambutannya, Kader PKB ini mengingatkan IBI turut berperan mengurangi angka kematian di Kabupaten Madina.

Saya harap ibu-ibu yang sedang hamil juga diingatkan dan diberikan edukasi berupa bagaimana pola pelayanan kesehatannya.

Hal itu tentu dapat mengurangi angka kematian bayi yang lahir di Madina,” Katanya.

Ketua PC IBI Mandailing Natal Rosidah Nasution SST. M.Kes dalam sambutannya mengatakan, bahwa anggota Ikatan Bidan Indonesia Kabupaten Mandailing Natal sekitar 1300 orang. Dan di Kabupaten Madina terdiri sebanyak 31 pengurus ranting.

Rosidah menyampaikan mengingat adanya PPKM dan situasi masa pandemi Covid-19, peserta yang hadir di dalam acara tersebut juga dibatasi.

Peringatan HUT IBI ke 71, kata dia, selain acara prosesi pemotongan tumpeng juga dirangkai dengan kegiatan Seminar dan Worshop Kesehatan mengenai Tekhnik Komunikasi Kunci Sukses Dukung ASI Eksklusif.

Adapun pemateri I menghadirkan dr Lula Kamal M, Sc dan pemateri II Dr Tri Ebta Mayniar Saragih M Ked (OG), Sp OG.

Rosidah mengatakan, dalam rangkaian HUT IBI ke 71, PC IBI Madina juga sebelumnya telah melakukan beberapa kegiatan.

Antara lain yakni, melakukan kerjasama dengan Dinas BKKBN dengan pelaksanaan Gebyar KB pada tanggal 7 Juli 2022.

Melakukan kegiatan pemeriksaan IVA Tes kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Kemenag, dan Yayasan Kanker Indonesia pada tanggal 14 Juli 2022.

Seterusnya, melakukan bakti sosial dengan kegiatan penyuluhan kepada ibu hamil dan pemberian susu pada tanggal 18 Juli 2022 lalu. Dan bakti sosial dengan pemberian santunan kepada anak yatim.

Selanjutnya, melakukan bakti sosial dengan pemberian susu dan makanan bergizi kepada anak stunting.

Pelaksanaan seminar pada puncak acara hari ini. Kegiatan IBI terpadu kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan PMI.

Pelaksanan Kapitasi Building dengan tujuan pembentukan karakter dan tim Work antara pengurus cabang dan pengurus ranting yang direncanakan pada tanggal 3 dan 4 September mendatang. Dan seminar serta Rakercab pada tanggal 10 September nanti,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ketua TP-PKK Madina Ny Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution, Asisten I Alamulhaq Daulay, Kadis Kesehatan Madina dr Syarifuddin, Sekretaris BKKBN Madina Elvy Mahrani Nasution, Ketua IBI PC Madina Rosida Nasution, dan mewakili pengurus IBI Provinsi Sumut.

Seterusnya, hadir Direktur RSUD Panyabungan dr Muhammad Rusli Pulungan, Direktur Rumah Sakit Permata Madina, mewakil Kapolres Madina AKBP HM Reza Chairul Akbar Sidiq bersama beberapa OPD lainnya. (RL/Red/Dita)

 

Admin : Dita Risky Saputri SKM.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.