INDAHNYA BUMI BATAHAN

Tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Indonesia terdiri dari berbagai tempat wisata dari sabang sampai merauke yang wajib kita kunjungi. Keindahan wisata alam di Indinesia tidak hanya terdapat di pulau Jawa dan Bali saja, akan tetapi juga terdapat di Sumatera, terutama daerah Sumatera Utara, khususnya di kabupaten mandailing natal, Kecamatan Batahan.

Batahan adalah salah satu Kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Terletak di perbatasan Provinsi Sumatera Utara dan Sumatera Barat (Kabupaten Pasaman Barat). Terdapat di hilir sungai Batang Batahan yang bermuara ke Pantai Barat Sumatera, Samudera Indonesia. Mayoritas penduduknya beragama Islam. Dilihat dari etnis, Kecamatan Batahan didominasi oleh warga keturunan Minang, Melayu, Mandailing dan Jawa. Kecamatan Batahan yang luasnya tersisa 50.147 Ha memiliki 18 desa yang mana satu diantaranya sebagai kelurahan (Kelurahan Pasar Batahan). Mata pencaharian penduduk selain perikanan tangkap juga sudah mulai berkembang perkebunan kelapa sawit dan karet alam.

Satu hal yang menjadi penting di Kecamatan Batahan adalah adanya beberapa panorama pantai yang indah serta dilengkapi dengan keelokan pulaunya yang patut anda jelajahi.

Berikut daftar beberapa tempat wisata alam di kecamatan batahan yang wajib anda kunjungi:

1.Pulau Tamang

Pulau yang terdapat di Kecamatan   Batahan ini bisa kamu tempuh hanya dengan menggunakan perahu, dimana lama perjalanan akan menempuh waktu lebih kurang 30 menit. Jika kamu ingin berkunjung ke pulau ini, dijamin betah berada di pulau tersebut. Karena memang terbukti pantainya yang landai dengan ‘permadani’ pasir putih menjadi begitu eksotik apalagi di senja hari (sunset). Hanya saja, keindahan yang tersimpan sejak lama di Batahan tidak terekspos ke permukaan, sehingga membuat pulau ini sepi pengunjung. Pulau ini menyuguhkan pemandangan yang indah. Terdapat pantai dengan pasir putih dan air jernih terhampas luas sejauh mata memandang. Ombak yang bergulung-gulung datang silih berganti seakan mengajak kamu untuk bermain dan berenang. Suasana pantainya juga sepi dan tenang. Karena pasir dipantai ini putih dan lembut jadi sangat menyenangkan untuk bermain pasir. Nah, wisata alam ini sangat cocok untuk kamu liburan bersama teman-teman, keluarga, karena selain menikmati pulau dengan bermain pasir, berenang berlari-berlari dibibir pantai, berfoto, kamu tentu bisa menikmati sunrise yang begitu cantik di pantainya. Sehingga membuat liburanmu sangat menyenangkan.

2.Pantai Tompek

Dari namanya saja sudah kelihatan unik, apalagi jika kita langsung telusuri dan menikmati keindahan pantai tersebut. Pantai tompek adalah salah satu pantai yang terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan yang berada di Kabupaten Mandailing Natal. Pantai ini tergolong wisata paling favorit untuk kumpul bersama teman-teman, keluarga. Dan juga termasuk objek wisata pilihan saat lebaran bagi masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal baik itu masayrakat dari Panyabungan, Sinunukan dan terutama bagi warga di Kecamatan Batahan. Bagi wisatawan yang suka berkemah tak perlu khawatir jika ingin bermalam karena selain keindahan pantainya juga terdapat keelokan pohon kelapa dan pohon cemara yang menambah keindahan pantai tersebut. Apalagi diwaktu senja , kita juga dapat menikmati sunset yang sangat menarik. Jadi sangat cocok juga buat kamu yang suka selfie karena akan didukung oleh berbagai keindahan pantai tersebut

3.Pelabuhan Palimbungan

Pelabuhan ini sedang dalam pembangunan, berlokasi di Kecamatan Batahan dan direncanakan mampu menerima sandaran kapal dengan muatan 15 ribu ton. Keberadaan pelabuhan dimaksudkan untuk mendukung distribusi hasil perkebunan di Madina yang memiliki luas sekitar 110 ribu hektar perkebunan, termasuk beberapa perusahaan pertambangan.

Sebagai salah satu tempat wisata, pelabuhan ini juga memiliki keindahan pesona alam pantai yang sangat menakjubkan.pemandangan pantai dipelabuhan ini sangat eksotis terutama saat sudah senja. Bagi para wisatawan sangat tidak disarankan untuk berenang di pantai ini, karena ombak pantainya terkenal sangat deras. Akan tetapi sangat disayangkan, pelabuhan ini sangat sepi pengunjung dikarenakan akses jalan menuju pelabuhan tersebut kurang memadai, untuk sampai kesana menempuh waktu sekitar kurang lebih 20 menit, kita akan melewati jalan yang berbukit-bukit, menyeberangi sungai. Dan sangat membahayakan jika terjadi hujan karena jalan akan becek. Akan tetapi semua itu tidak akan terasa jika sudah berada dipelabuhan tersebut karena keindahan pantainya benar-benar membuat suasana menjadi lebih  menyenangkan.

Nah, bagi anda yang bingung untuk menentukan tempat wisata yang sangat menarik, maka Pelabuhan Palimbungan ini layak unutk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Saya sangat merekomendasikan sekali untuk berkunjung ke Kecamatan Batahan. Menurut penulis potensi pariwisata batahan top banget dah. Pemerintah daerah Kabupaten Mandailing Natal harus melihat potensi ini. Bangun tempat wisatanya, perbaiki akses jalannya. Insya allah Mandailing Natal akan ramai dikunjungi orang.

Nah, khusus para petualang, traveler dan lain-lain, boleh ditambahin jika ada tempat wisata yang lain yang ada di kecamatan bataha. Bisa ditambahi di kolom komentar di bawah ini : Feni Anggraini (Gadih asli Batahan)

Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.