Info Buat Bupati/Wakil Bupati, PNNB Madina Produksi POC

KEMAMPUAN Masyarakat kita di Kabupaten Mandailing Natal, terkadang tidak dapat dilihat oleh Pemerintah, akibat minimnya informasi yang muncul di tengah – tengah masyatakat.

Kenapa rupanya..? Sebagai informasi buat Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal, bahwa Parsadaan Naposo Nauli Bulung (PNNB) Kabupaten Mandailing Natal melalui Bidang Penelitian, Pengembangan dan Riset melahirkan sebuah produk Pupuk Organik Cair (POC) yang telah selesai di permentasi dan siap dipasarkan.

Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Riset Ali Sarpin, Sabtu (14/08/21) menjelaskan bahwa tujuan pembuatan Produk lokal Pupuk Organik Cair ini adalah untuk membantu masyarakat khususnya para petani agar hasil panen bisa lebih meningkat, dan diharapkan dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap produk lokal yang sama sekali tidak memakai bahan kimia yang berbahaya, dan merupakan Produk pertama PNNB Madina yang dinamakan POC Madina.

“Ini adalah produk pertama bagi PNNB Madina, dan saya sangat berterima kasih kepada Bapak Monang (P4S jujur jaya – Bange) dan khususnya Forum Pelestarian dan Pengembangan Adat Budaya Kab. Mandailing Natal yang telah mendukung dan membantu kesuksesan untuk pembuatan Pupuk Organik Cair ini.”

“Adapun bahan-bahan dalam pembuatan pupuk ini antara lain : Urin, Kotoran Hewan, Ubi, Nenas, Ponggol Pisang, Jeringau, Daun Gamal, EM4 dan Gula Merah yang dipermentasi selama 44 hari, di mulai dari tanggal 28/06 yang lalu di kantor cabang PNNB Madina,” jelas Ali Sarpin.

Dilanjutkannya, adapun manfaat pupuk organik cair ini adalah menyuburkan pertumbuhan tanaman karena mengandung unsur hara N P K S, unsur makro dan mikro dari kotoran hewani.

“Pupuk organik cair ini bisa di aplikasikan terhadap tanaman karet, pisang, padi, bunga, sawit, jahe, jagung, dan lain-lain dengan cara mencampurkan 1 liter pupuk POC Madina ini dengan 20 liter air yang kemudian disiramkan di sekitar batang tanaman,” tandasnya.

Imformasinya, saat ini ada 100 Liter yang sudah Produksi atau 100 botol dengan harga Rp 10.000,-/ Liter atau botol yg di produksi di Jalan Lintas Timur Panyabungan ( Bersambung Terus)

Liputan :D.Nasution

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.