Jadi WNI Pertama Terima Order of Friendship Rusia, Megawati Nostalgia Voroshilov dan Yuri Gagarin.

JAKARTA(Malintangpos Online): Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri tak bisa menahan haru ketika menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan Order of Friendship dari Pemerintah Federasi Rusia lewat keputusan Presiden Vladimir Putin yang diwakili oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva, di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021).

Untuk Indonesia, Megawati adalah yang pertama mendapatkan penghargaan ini. Di Asia Tenggara, pemimpin yang pernah menerima penghargaan sejenis adalah Lee Kuan Yew di Singapura, serta Mahathir Mohammad di Malaysia.

“Yang mulia sangat dikenal dan dihormati di Rusia sebagai teman sejati yang memfasilitasi pengembangan proyek bersama di bidang strategis. Kami sangat menghargai Yang Mulia dalam pengembangaan kerja sama kedua negara,” kata Lyudmila.

Saat diberi kesempatan merespons pemberian penghargaan itu, Megawati tak mampu menahan rasa harunya. Rupanya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan itu teringat dengan ayahnya.

“Sungguh sebuah hari yang membahagiakan saya mendapat kehormatan ini,” kata Megawati dengan suara tercekat.

“Karena saya teringat kepada ayah saya. Saya sangat mengerti bahwa beliau (Soekarno, red) yang mulai merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia,” tambah Megawati(PDIP/Isk)

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.