Jaga Ketahanan Pangan, Kodim 0205/TK Panen Raya

Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu S.Sos Msi, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi sejumlah petinggi lainnya dan Kelompok Tani ketika melaksanakan Panen Raya.

SIBOLGA (Malintangpos Online): Dalam upaya menjaga ketahanan pangan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak terlepas dari kerjasama di semua bidang termasuk diantaranya peran serta TNI, yang terus melakukan pendampingan kepada para petani di wilayahnya masing-masing.

Dalam upaya pendampingan kepada para petani prajurit TNI terus memberikan pemahaman bagaimana bercocok tanam yang baik, sehingga produksi padi terus meningkat di negara ini, hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya Panen Raya oleh Kodim 0205/TK bersama Pemda Tanah Karo di atas lahan seluas 10 Ha bersama sejumlah petani di Desa Suka maju Kecamatan Tiga Panah Kabupaten Karo, Senin (10/4).

Dalam acara panen raya tersebut turut hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu S.Sos Msi, Danramil 02/TP Kapten Kav. J. Surbakti, Kadis Pertanian Sarjana Purba, Camat Tiga Panah Dita mardita Br. Ginting, Polres Karo diwakili oleh Akp. Erianto, Kapolsek Tiga Panah Akp. Darma Munte, Pasi Ter Kodim Kapten inf K. Ginting, Kelompok Tani Masyarakat Desa Suka Maju sebanyak 150 Orang, KUPT dan PPL Kec. Tiga Panah.

Demikian disampaikan oleh Danrem 023/KS Kolonel Donni Hutabarat melalui Kepenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata kepada Malintangpos Online, Selasa (11/4).

Dijelaskan Ojak Simarmata bahwa kegiatan panen raya tersebut sebagai bukti bahwa TNI selalu siap untuk mendampingi para petani demi untuk meningkatkan peroduksi padi di Negara ini.

“Kita dari TNI akan terus melaksanakan pendampingan kepada para petani, karena menjaga ketahanan pangan di negara ini adalah salah satu tugas kita sebagai prajurit TNI, apabila petani sejahtera maka TNI akan lebih kuat nantinya,” ujar Ojak Simarmata.

Lebih lanjut disampaikan Ojak Simarmata bahwa Dandim 0205/TK dalam kesempatan tersebut mengatakan kita telah mencapai swasembada  pada tahun 201, Pemda akan terus bekerja sama dengan Kodim untuk membatu para pertanian di Desa.

“ Sekarang ini target kita adalah meningkatkan penanaman Padi, sehingga swasembada terus dapat kita pertahankan di masa-masa yang akan datang ini, karena apabila kita terus mengurangi target tanam maka produksi akan terus semakin berkurang,” ujar Dandim.

Sementara itu Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dalam kesempatan tersebut mengatakan diharapkan kedapannya  lebih luas lagi lahan pertanian didesa Suka Maju, dalam menjaga ketahanan pangan Pemda Karo bekerja sama sama dengan TNI.

“Bagaimana penanaman yang baik kita harus bisa agar hasil panen lebih banyak lagi,” katanya.

Dalam kegiatan panen raya tersebut juga dilaksanakan tanya jawab dengan para kelompok tani dimana dalam sesi tanya jawab para kelompok tani mengusulkan agar adanya bantuan traktor dan bibit demi untuk memudahkan pengolahan lahan.

Dalam sesi tanya jawab Kadis Pertanian Tanah Karo mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan bantuan Traktor tinggal sekarang ini usulan dari para Kelompok Tani ke dinas Pertanian Kabupaten Tanah Karo.( Pul)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.