Jalan dan Drainase di Padang Sudah Semakin Baik

PADANG(Malintangpos Online): Drainase di Kota Padang sudah semakin baik. Wali Kota Padang Hendri Septa menyebut, hingga tahun 2020, sebanyak 65 % drainase di daerahnya sudah diperbaiki dengan baik.

“Drainase di sejumlah daerah sudah dalam kondisi baik,” jelasnya saat Musrenbang Penyusunan Rancangan Perubahan RPJMD Kota Padang Tahun 2019-2024 di salah satu hotel berbintang di Padang, Senin (14/9/2021).

Dikatakan Hendri Septa, pembangunan drainase dan riol akan terus dilakukan. Menurutnya pembangunan drainase dan riol menjadi agenda prioritas.

“Dalam rangka pengendalian banjir secara bertahap, pembangunan drainase dan riol tetap menjadi prioritas utama untuk dituntaskan melalui pembersihan sedimen, perbaikan, peningkatan kapasitas tampung dan pembangunan baru drainase,” tutur wali kota.

Pembangunan drainase dan riol sebenarnya sejalan dengan pembangunan jalan serta betonisasi. Dijelaskan Hendri Septa, hal ini nantinya akan dapat mengurangi risiko banjir.

“Diharapkan jalan dan drainase kota telah dapat diselesaikan sesuai dengan target RPJMD sampai dengan tahun 2024, sehingga aksesibilitas dan konektivitas antar wilayah meningkat, serta mengurangi daerah genangan banjir,” jelas Hendri Septa.

Sisi lain, hingga tahun 2020, jalan kota yang sudah terbangun yakni 60 % dari target RPJMD. Wali Kota mengatakan, pelebaran dan pengaspalan jalan akan terus dilakukan.

“Betonisasi jalan lingkungan permukiman tetap kita tingkatkan dengan harapan semua akses jalan lingkungan bisa terwujud dalam kondisi yang baik,” tutur Hendri Septa.

Selain itu, untuk meningkatkan kenyamanan bagi pejalan kaki dan menaungi kaum disabilitas, telah dilakukan pembenahan terhadap trotoar secara kontinyu di beberapa lokasi sejalan dengan perbaikan jalan dan drainase.(Charlie Ch. Legi)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.