Jalin Kerjasama Bersama Wartawan, Pemko Tebing Tinggi Gelar Coffee Morning

TEBING TINGGI(Malintangpos Online):Menjalin silaturahmi, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menggelar Coffee Morning bersama Insan Pers/ Wartawan, Jumat (08/12/2023) di Gedung Hj. Sawiyah Jl. Dr. Sutomo.

Hadir pada kesempatan tersebut, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si., Pj. Sekdako H. Kamlan Mursyid, S.H., M.M., Kapolres AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP., Danramil 13/ TT Kapt. Inf. Chandra, Sekretaris PN Tegen Maharaja, S.H. dan Kasie Intel Kajari Hiras Affandi Silaban, S.H., M.H.

Diungkapkan Pj. Wali Kota dalam sambutannya, bahwasanya acara ini telah lama digagas, namun dikarenakan kesibukan aktifitas, sehingga acara ini baru dapat digelar pada hari ini.

“Mudah-mudahan berikutnya ada momen-momen tertentu sehingga kita bisa kembali berkumpul. Acara kita hari ini silaturahmi memang kita harapkan dan juga ada peningkatan hubungan kerja dan profesional di antara kita,” kata Pj. Wali Kota.

Lain dari itu, Pj. Wali Kota menyampaikan kaitan dengan permintaan informasi kepada Kepala OPD dari insan pers, bahwa memang sedianya, terang Pj. Wali Kota, jajaran Pemko harus lebih lancar menyampaikan informasi, tapi disadari atau tidak, ada berbagai informasi yang tidak bisa dikeluarkan.

“Pertama karena belum diklarifikasi, takutnya langsung respon salah menanggapi. Kedua, juga ada ketakutan karena apa yang disampaikan menyangkut orang lain. Makanya saya sudah minta kawan-kawan Kepala OPD, ada informasi apapun, coba tolong sampaikan kepada Bapak Kadis Kominfo, nantinya agar Bapak Kadis Kominfo yang menyampaikan. Jadi sumbernya bisa dipertanggungjawabkan,” terang Pj. Wali Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) bagi wartawan unit Pemko Tebing Tinggi, sebagaimana yang telah diselenggarakan Dinas Kominfo Tebing Tinggi pada beberapa waktu yang lalu (24 dan 25/11/2023).

“Mengenai UKW, Kita akan mendukung terus, supaya ada peningkatan dari rekan-rekan wartawan unit Pemko. Namun, kiranya ada keinginan rekan-rekan wartawan untuk ikut UKW,” ujar Pj. Wali Kota.

Pj. Wali Kota juga menyampaikan perlunya pelaksanaan Pra-UKW, sehingga insan pers/wartawan mempunyai kesiapan menghadapi UKW.

“Terkait pra UKW, mungkin saya kira itu yang bagus juga, pra UKW untuk tahun depan. Sekiranya ada mungkin kita training dulu, supaya kawan-kawan insan pers mempunyai kesiapan, mengetahui kisi-kisinya dalam mengikuti UKW nantinya,” harap Pj. Wali Kota.

Mengingat memasuki tahun politik, dan peran wartawan sebagai kontrol sosial, Pj. Wali Kota meminta kepada insan pers untuk dapat membantu pengkondisian, memberikan standar sehingga tidak gampang terjebak dalam masyarakat.

“Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Bapak/Ibu selama ini. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Wassalamualaikum Wr Wb,” demikian ujar Pj. Wali Kota.

Ketua PWI Kota Tebing Tinggi, Abdullah Sani Hasibuan dalam sambutannya mengharapkan keaktifan insan pers dalam mengikuti kegiatan kewartawanan, terkhusus pada UKW (Uji Kompetensi Wartawan).

“Mari kita bersama-sama menjaga marwah kita sebagai jurnalistik. Kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamualaikum Wr Wb,” tutup Ketua PWI Tebing Tinggi.

Sebelumnya, Ketua Wartawan Unit Pemko Tebing Tinggi, Alex Garingging menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemko Tebing Tinggi atas terselenggaranya acara ini. Menurutnya ini sebagai salah satu upaya menjalin sinergi antara insan pers dengan Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

“Acara seperti ini supaya rekan-rekan pers itu bisa sinergi. Kami rindu duduk bersama dengan Bapak Pj. Wali Kota yang kami anggap memang sebagai mitra kami di pemerintahan, supaya tali silaturahmi itu erat,” kata Alex Garingging.

Masih ujar Alex Garingging, dirinya juga berharap kepada masing-masing OPD, agar lebih keterbukaan dalam memberikan informasi kepada insan pers yang sedang melaksanakan kegiatan jurnalistiknya.

“Kedepannya, saya harap semua kita di sini bisa lebih baik lagi ke depannya. Terimakasih juga kami sampaikan kepada Bapak Kadis Kominfo yang selalu membimbing dan memberikan arahan kepada kami. Dan juga kami berharap agar rutin diadakannya UKW setiap tahunnya supaya rekan-rekan kita di sini kompeten. Wassalamualaikum Wr Wb,” pungkas Ketua Wartawan Unit Pemko Tebing Tinggi.

Turut dihadiri perwakilan dari BNNK, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, S.STP., M.Si. dan sejumlah Kepala OPD, Kabag atau mewakili serta tim peliputan Diskominfo.(Rel/Nur)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.