Jika Tidak Diantisifasi, Areal Pertanian di Madina Menjadi Pemukiman

Kondisi Areal Pertanian di Kota Panyabungan dengan Perumahan yang muncul,

PANYABUNGAN (Malintangpos Online): “Sudah selayaknya Pemerintah dan DPRD Kabupaten Mandailing Natal,melakukan antisifasi terhadap keadaan areal pertanian yang ada untuk tetap dipertahankan, karena kalau melihat kondisinya sekarang ini tidak saja di Kota Panyabungan juga di daerah lainnya areal pertanian dialih fungsikan menjadi pemukiman ataupun perumahan.

            “Kelihatannya memang sangat sepele, banyak pejabat maupun DPRD ketika kita tanyakan selalu cuek dan angkat bahu, seolah-olah ngak peduli dengan apa yang akan terjadi dimasa mendatang tentang areal pertanian kita yang akan berubah menjadi daerah pemukiman penduduk,” ujar Murniati F.Pulungan.ST yang ahli dibidang Tata Ruang itu kepada Malintangpos Online Minggu malam(15-01) di Kota Panyabungan.
            Analisa saya, ujar Murniati,paling lama tiga sampai lima tahun lagi wilayah Kota Panyabungan yang masih ada areal pertaniannya sudah berganti menjadi pemukiman, sebab setashu kita baik pemerintah maupun DPRD belum ada membuat Perda tentang itu, dibicarakanpun mungkin belum.
            Kata dia, lihat saja sekarang ini di wilayah Panyabungan II, Sipolu-polu, Panyabungan Julu, Panyabungan Jae, Hutalombang Lubis, Kota Siantar, Kelurahan Kayujati, Desa Kampung Padang, Desa Panggorengan serta desa lainnya telah habis sawah dijadikan pemukiman.
            Bagaimana mengatasinya..? bukankah sudah ada Dinas Tarukim Madina, ini salah satu tugasnya dengan Dinas Pertanian maupun BPN, silakan godok itu Perda nya, sampaikan ke Bupati agar disampaikan ke DPRD, atau DPRD Madina membuat/mengajukan Perda Insiatif tentang hal itu.
            “ Yang menjadi masalah bagi kita apakah Pemerintah dan DPRD Madina mau membicarakan kondisi, jangan dianggap sepele, kita sudah lihat Dinas Pertanian yang dipimpin Taufik Zulhandra Ritonga berapa milyar membuat percetakan sawah,mana hasilnya, kan ngak ada,makanya jangan dianggap sepele,” kata Murniati F.Pulungan.(Red).
Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.