Kades “Jangan Tidur “Gali Potensi Desa Didaerahmu

Wartawan Waspada.Id/BS Irham Hagabean Nasution,SH dan Iskandar Hasibuan,SE. wawancara dengan Mewakili PMD Sumut Joni Siagian/ Aris Moenandar Hasibuan

KEDATANGAN Tim Evalusi Desa Binaan Provinsi Sumatera Utara Ke – Desa Binaan Desa Batang Gadis Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal, ada hal yang menarik dari Ekspos Tim dari Provinsi  Sumatera Utara.

” Kepala Desa Kita Jangan Tidur, Ayo kita sama – sama menggali potensi yang ada disetiap Desa kita, termasuk potensi Desa Yang ada di Desa Batang Gadis Jae,” Ujar Salah seorang Tim yang bertugas di Dinas PMD Sumatara Utara Joni Siagian, Selasa(1/11) saat Ekspos pada Evaluasi di Desa Batang Gadis Kec.Panyabungan Barat.

Artinya, selama ini Kepala Desa disetiap desa sibuk mengurusi/menggunakan Dana Desa, tapi lupa dengan Potensi Yang ada di Desanya sendiri, itu maksud dari ” Kepala Desa Jangan Tidur ” bukan yang lain.

Misalnya, di Desa Batang Gadis Jae, ada banyak Pohon Kelapa, tentu banyak Juga kelapanya, jangan – jangan Kelapa tersebut dibeli ” Tengkulak ” dan tidak begitu menguntungkan buat warga Desa Batang Gadis.

Ini baru soal Buah Kelapa, dimana Peranan BUMDes, harusnya pihak Kades/Aparat Desa bersatu ( Kompak) memberdayakan Dana Desa, dengan mengelola BUMDes, ambil untung sedikit, agar anggota ada kesejahteraan, jangan semua Fokus ke Dana Desa yang alih – alih disalahgunakan.

Kata Joni Siagian, begitu juga dengan ” Pohon Bambu ” bisa dikelola atau dibuat untuk Tempat Sampah, lagi – lagi BUMDes yang kelola dan setiap rumah harus ada Keranjang Sampah, jadi Desa pun menjadi Bersih.

Kata Siagian, kalau Kades Tidur, Bangun Dong, ajak warga, khususnya Tim PKK Desa, maupun Naposo/Nauli Bulung, serta kaum Ibu dan Bapak, jadi semua Kerja dan pemasukan untuk keluarga masing – masing dan warga sejahtera ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.