Kades Lancat Kec.Linggabayu ” Khoiruddin ” Segera Dilantik

Ilusterasi Ksdes

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Sesuai dengan Surat Kementerian Dalam Negeri Dirjen Pemerintahan Desa Nomor 141/3616/BPD, Hal : Calon Kepala Desa Terpilih Desa Lancat Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, akan segera dilantik.

Informasi yang diperoleh Redaksi, bahwa Sehubungan dengan Surat Bupati Mandailing Natal Nomor 141/1922/DPMD/2022 tanggal 24 Juni 2022 Hal Calon Kepala Desa Terpilih, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 39 ayat (1) menyatakan bahwa “Kepala desa memegang jabatan selama 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan”.

2. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa Pasal 42 ayat (1) menyatakan bahwa “Calon kepala desa yang memperoleh suara terbanyak dari jumlah suara sah ditetapkan sebagai calon kepala desa terpilih”

3. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka:a. Dalam rangka mewujudkan pemajuan, pemenuhan, dan perlindungan HAM, disarankan kepada Saudara untuk melakukan pelantikan terhadap Calon Kepala Desa Lancat Terpilih a.n.
Khoiruddin.

b. Terhadap pengelompokan waktu berakhir masa jabatan kepala desa, agar dapat menyesuaikan gelombang pada periode berikutnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-
undangan.

c. Dalam hal terdapat permasalahan serupa seperti di Desa Lancat,agar Bupati atau pejabat lain yang ditunjuk melantik calon kepala desa terpilih paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak diterbitkan keputusan pengesahan dan pengangkatan kepala desa kecuali ada putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

Sementara itu, baik Camat Linggabayu, Kadis PMD dan Sekdakab Madina yang dihubungi, belum memberikan jawaban hingga berita ini ditayangkan( Red)

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.