Kadis Kesehatan Madina : Tidak Memenuhi Syarat, Praktek Perawat dan Bidan di Desa Tabuyung Ditutup

Kadis Kesehatan Madina dr.M.Faizal Situmorang(Ist).

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Kepala Dinas Kesehatan Madina dr.M.Faizal Situmorang, mengutarakan jika Tempat Praktek Perawat dan Bidan di Desa Tabuyung Kec.Muara Batang Gadis, tidak memenuhi syarat yang ditentukan, maka pihaknya akan memberi tindakan dengan cara menutupnya.

” Minggu depan terjadwal kami cek lapangan, bila memang tak memenuhi syarat ya harus ditindak dengan menutupnya,” Ujar Kadis Kesehatan Madina dr.M.Faizal Situmorang,Selasa(11/6) ketika dihubungi Redaksi, sekitar tempat Praktek Perawat dan Bidan di Desa Tabuyung Kecamatan Muara Batang Gadis.

Kata Faizal, Perizinannya sudah kami cek ke Dinas Perizinan masih dalam proses, kemaren terhambat di IMB nya

” Perkembangan nanti Saya kabari, Izin lama nya ada, mau meningkat ke Klinik, pembaharuan itu yg masih proses,” Ujar Kadis Kesehatan.

Bahkan, Ujar Faizal,  Tapi yang pastinya aturan harus tetap berjalan, akan kita cek langsung dilapangan Minggu depan dijadwalkan.

Sumber lain di Dinas Kesehatan Madina, bahwa Dinkes hanya mengeluarkan rekomendasi kelayakan, baik fasilitas dan SDM nya, tapi apapun itu ,tetap Pemda Madina.

” Kita sepakat kalau ada penertiban izin praktek, izin Apotik dan Toko Obat, Tahun 2015 pernah kami sidak dan melakukan penertiban, pada saat itu kewenangan izin masih di keluarkan oleh Dinkes,” ujar Sumber di Dinas Kesehatan.

Bagaima dengan Perawat yang Cacimaki Wartawan..? Perawat yang bentak dan cacimaki Wartawan perlu di pertanyakan kompetensi dia sebagai perawat.

” Dalam ilmu keperawatan sangat di junjung tinggi etika keperawatan,  karena perawat adalah suara hati nurani yg mulia,” kata sumber tersebut lagi.

Makanya,  ada istilah merawat dengan kasih sayang.Psikologis pasien faktor utama penunjang kesembuhan.

” Bagi pemilik praktik Nakes, Apotik dan Toko Obat wajib memampangkan izin nya di tempat praktik dan memasang plank merk dan di Plank merk itu juga wajib tertulis no izinnya,” katanya.

Ilusterasi Bidan Praktek, foto hanya Pemanis Berita

Bahkan sebut sumber,  untuk detailnya ada di Permenkes no 26 thn 2019,Perawat itu ada dua jenis.1 Vokasi berpendidikan D3,
2 Profesi berpendidikan S1

” Vokasi tidak di izinkan lagi melaksanakan Praktik Mandiri dan Saya yakin berita di Online,  dia itu Vokasi,” ujar Sumber.

Memang, Banyak di daerah Pantai Barat berpraktik , tapi pendidikan cuma D3, makanya saya sepakat ada Penertiban soal Praktek Nakes liar ( Ari/Rea)

 

Admin : Iskandar Hasibuan……

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.