Karo Kembali Dilanda Banjir, Kodim 0205/TK Bantu Bersihkan Rumah Warga

Anggota TNI dari Kodim 0205/TK berbaur dengan masyarakat untuk menyelamatkan harta benda yang masih bisa diselamatkan dan membersihkan rumah warga

SIBOLGA (Malintangpos Online) : Kodim 0205/TK membantu membersihkan rumah warga yang terkena banjir bandang lahar dingin di Desa Sukatendel Kecamatan Tiga Nderket Kabuapten Tanah Karo yang terjadi pada Rabu 19 April 2017 yang lalu, hal tersebut disampaikan oleh Danrem 023/KS Kolonel Inf Donni Hutabarat melalui Kapenrem Mayor Arm Ojak Simarmata kepada Malintangpos Online, Kamis (20/4).

Disampaikan Kapenrem 023/KS bahwa Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu sebagai Komandan Satgas Tanggap Darurat langsung mengerahkan anggota Kodim untuk memberikan bantuan kepada warga korban bencana banjir badang lahar dingin tersebut.

“Begitu terjadi banjir bandang lahar dingin Dandim 0205/TK langsung tanggap melaksanakan pendataan dan membantu para warga yang terkena musibah tersebut, dengan cara membersihkan rumah warga dan sejumlah pasilitas yang ada di wilayah tersebut,” terang Ojak Simarmata.

Berdasarkan data yang berhasil di himpun akibat banjir bandang lahar dingin yang membawa bebatuan tersebut ada sebanyak 20 rumah yang terkena dampak diantaranya 12 rumah rusak berat, 4 rumah rusak ringan dan 4 yunit rumah terendam air, lumpur dan bebatuan.

“Dalam membantu warga yang terkena musibah tersebut Dandim 0205/TK menekankan kepada seluruh anggota satgas tanggap darurat bahwa sekalipun Kondisi banjir saat ini sudah surut, Prajurit TNI  wajib membantu masyarakat membersihan dan membenahi rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir, dan membantu membenahi fasilitas umum terutama jalan raya dan melanjutkan normalisasi sungai,” ucap Ojak Simarmata.

Dandim 0205/TS langsung memimpin pasukan untuk memberikan bantuan kepada warga yang terkena banjir bandang lahar dingin, sehingga beliau mengetahui secara langsung bagaimana kondisi warga dan apa yang akan dilaksanakan untuk mengatasi tanggap darurat tersebut.

“TNI dan Rakyat wajib manunggal untuk mengatasi kesulitan masyarakat, ini bagian dari jati diri TNI semenjak lahir,” Ujar Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu kepada anak buahnya untuk memberi semangat dilapangan. (Pul/Rel)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.