Kesepakatan DLH dan Muspika Panyabungan, Bersihkan Kota Panyabungan Libatkan Masyarakat

Kebrsihan DInas Lingkungan Hidup dan Muspika Panyabungan/ SRi Lubis

PANYABUNGAN(Malintangpos Online):” Bukan Satu Jalan ke Roma,” Pribahasa itulah yang cocok disampaikan kepada pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mandailing Natal dan Muspika  Panyabungan, karena berdasarkan musyawarah Muspika, untuk membersihkan Kota dari  tumpukan sampah dilakukan Gotong Royong 1 kali (x) setiap dua(2) minggu.

            Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup dan juga Muspika Panyabungan, menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dalam mengatasi tumpukan sampah yang sering kita lihat selama di sepanjang pinggir jalan, maka diharapkan kepada masyarakat agar membuangnya ditempat-tempat yang telah ditentukan dan bila perlu menunggu armada angkutan sampah yang disediakan setiap harinya.

Kebersihan Muspika/ Sri Aida

Informasi tersebut diperoleh Malintangpos Online, Jumat(5-7) di lokasi Gotong Royong yang dilakukan oleh Pemda Madina Cq. Dinas Lingkungan Hidup, Muspika Panyabungan, serta TNI dan Polri yang ikut serta gotong royong membersihkan sampah di Jalan Lintas Timur Panyabungan.

            Menurut peserta Gotong royong, terjadinya tumpukan sampah diberbagai tempat tidak terlepas dari kurangnya kesadaran bagi warga yang membuang sampah, sehingga membuangnya dengan sembarangan dan akibatnya yang dituduh pihak pemerintah yang tidak konsisten menjalankan tugas sebagai petugas yang bertanggung jawab terhadap kebersihan kota Panyabungan.

            Karena itu, kita tidak ada lagi gunanya untuk saling menyalahkan atau mencari kambing hitam soal Sampah dan kebersihan Kota Panyabungan, ayolah sama-sama kita pemerintah dan masyarakat ikut berperan menjaga kebersihan Kota Panyabungan, dengan cara menyampaikannya kepada masing-masing warga yang memnbuang sampah sembarangan.

            Misalnya, kita belajar dengan masyarakat Sumatera Barat, sering kita ke Sumatera Barat, jika kita membuang sampah sembarangan, maka ada saja warga yang menegur kita dengan mengatakan “ Pak Jangan Buang Sampah Disitu, ada disana tempatnya,” apa salahnya kita memprektekkan seperti itu di Kota Panyabungan saja dulu, saya yakin akan bersih kota Panyabungan.

            Sementara itu salah seorang warga Panyabungan Sri Aida Lubis dalam bincang-bincang dengan Wartawan, menyarankan kepada semua pihak, baik itu pemerintah maupun elemen masyarakat lainnya jika ada kegiatan Gotong Royong disetiap hari Jumat nantinya agar mengirimkan anggotanya melibatkan diri untuk ikut gotong royong.

            Kata dia, jika daerah kita kotor dan banyak tumpukan sampah tentu yang malu kita, yang rugi kita juga, kalau daerah kita bersih yang untung kita, yang sehat kita, yang dapat pujian kita juga, tentu untuk kebaikan kita bersama, marilah kita bahu membahu saling mendukung antara masyarakat dan pemerintah, caranya kita membuang sampah dengan baik dan benar ditempat yang telah disediakan oleh pemerintah.

            “ Untuk anggaran Perobahan APBD Tahun 2019mendatang dan APBD Tahun 2020 mendatang, sebaiknya pemerintah dan DPRD sebelum menetapkan anggaran, lebih baik meninjau Kota Panyabungan dulu dan menghitung berapa anggaran untuk keperluan kebersihan Kota Panyabungan, itu saran saya,” ujar Sri Aida Lubis ( Rd/Sr)

 

 

Admin : siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.