Ketua KCK Korcab Korem 023/KS Puji Usaha Tenun Resty

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Korcab Korem 023/KS Ny Retha Donni Hutabarat (dua dari kiri) yang didampingi sejumlah pengurus ketika memilih kain hasil tenunan Usaha Tenun Resty Desa Silangge Kecamatan Sipirok Tapsel.

SIBOLGA (Malintangpos Online) : Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Korcab Korem 023/KS Ny Retha Donni Hutabarat memuji tenunan kain yang ada di Desa Silangge Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, karena coraknya yang khas dan juga mutu kain yang ditenun sangat bagus sehingga bisa dipasarkan di tingkat Nasional bahkan manca Negara.

“Saya salut dan kagum melihat hasil karya masyarakat yang ada di Desa Silangge Kecamatan Sipirok Kabuaten Tapanuli Selatan tersebut, disamping coraknya yang khas juga hasil tenunannya yang cukup lumayan bagus,” ujar Retha Kepada Malintangpos Online, Sabtu (16/4).

Lebih lanjut disampaikan Retha bahwa dia beberapa waktu yang lalu telah melihat secara langsung hasil tenun yang dibuat oleh Usaha Tenun Resty di Desa Silangge Kecamatan Sipirok Kabupaten Mandailing Natal tersebut.

“Saya sudah lama mendengar tentang Usaha Tenun Resty tersebut, namun baru minggu lalu saya bisa melihat secara langsung hasil karya masyarakat binaan dari Pemkab Tapanuli Selatan tersebut, memang apa yang saya dengar selama ini tidak salah,” sebut Retha.

Lebih lanjut Retha mengatakan bahwa Usaha Tenun Resty tersebut bukan saja menghasilkan kain, namun mereka juga menghasilkan karya-karya yang lainnya seperti Topi, Tikar adat, dan lain-lain.

“Ketika saya pertama sampai di tempat pemasaran hasil Usaha Tenun Resty tersebut saya sempat tercengang melihat hasil yang telah diperlihatkan kepada saya, sehingga tanpa berpikir panjang saya langsung memilih bakal-bakal kain hasil tenunan yang ada di situ,” urai Retha.

Dijelaskan Retha bahwa hasil karya Usaha Tenun Resty tersebut kalau menurut pengelihatan dan penilaian saya bukan saja bertaraf Nasional bahkan kalau melihat dari kualitas yang dihasilkan juga sudah bisa dipasarkan ke tingkat Internasional.

“Untuk itu Pemkab Tapanuli Selatan diharapkan mampu untuk membumingkan hasil tenun tersebut sehingga nantinya dapat menembus pasar Nasional bahkan Internasional, ini merupakan suatu kebanggaan Pemkab Tapanuli Selatan,” ahiri Retha. (Pul)

 

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.