Ketua Tim Penggerak PKK Madina Panen Perdana Tanaman Sayur

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal Ny Ika Jesika Dahlan Hasan Nasution ketika melakan panen perdana tanaman sayur tumpang sari di Kompleks Perkantoran Paya Loting.

PANYABUNGAN (Malintang Pos Online) : Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal Ny Ika Jesika Dahlan Hasan Nasution melaksanakan panen perdana tanaman sayur jenis Kangkung dan sawi di Kompleks Perkantoran Paya Loting tepatnya di taman raja Batu, Selasa (3/1).

Turut hadira dalam acara panen perdana tersebut Bupati Mandailing Natal yang diwakili oleh Plt. Sekda Madina Syafei Lubis, Ketua DPRD Madina Hj. Lely Hartati Sag, Kadis Pertanian Kabupaten Mandailing Natal Taufik Zulhandra Ritonga, para Kepala SPD, Camat se Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam Kesempatan tersebut Kadis Pertanian Kabupaten Mandailing Natal Taufik Zulhandra Ritonga dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan penanaman sayur jenis kangkung dan sawi tersebut merupakan contoh bagi masyarakat bagaimana melakukan pertanaman sayur.

“Pak Bupati telah memerintahkan secara langsung kepada Kami Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal agar mampu memberikan contoh kepada masyarakat, tentang pengembangan kopi dan tumpang sari dengan tanaman sayuran di Kabupaten Mandailing Natal,” ujar Taufik.

Lebih lanjut disampaikan oleh Taufik bahwa adapun pertanaman yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal adalah jenis Kopi Arabika, robusta dan Kopi Ateng yang diseligi dengan tanaman sayur dan sawi.

“Ini merupakan suatu inovasi tentang pemanfaatan kawasan pekarangan, sehingga lahan yang sebelumnya tidak dimanfaatkan menjadi lahan yang bisa menghasilkan, dan ini merupakan terobosan baru pemanfaatan kawasan,” terang Taufik.

Bupati Mandailing Natal Drs Dahlan Hasan Nasution yang diwakili oleh Sekda Madina Syafei lubis mengatakan bahwa penanaman kangkung oleh Dinas Pertanian ini merupakan suatu terobosan baru sehingga masyarakat mengetahui bahwa tanaman sayur bisa di tumpang sarikan.

“Ini merupakan contoh bagi masyarakat sehingga diharapkan hal seperti ini dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat, sehingga masyarakat memanfaatkan pekarangan mereka untuk menanam sayuran,” ujar Syfei.

Lebih lanjut disampaikan oleh Sekda bahwa diharapkan kepada Dinas pertanian Kabupaten Mandailing Natal dapat lebih giat untuk memberikan contoh-contoh kepada masyarakat petani, sehingga nantinya masyarakat dapat lebih mencintai tananam sayur di ladangnya masing-masing.

“Diharapkan kepada para Camat yang ada di Kabupaten Mandailing Natal ini untuk dapat mengajak masyarakat untuk melakukan tanaman tmpang sari di tengah-tengah tanaman yang ada sehingga ada penghasilan setiap harinya bagi masyarakat,” akhiri Syafei. (pul)

Admin : Dina Sukandar A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.