Ketua TP.PKK Madina Minta Remaja Perhatikan Kesehatan Untuk Cegah Stunting

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Ketua TP PKK Mandailing Natal Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution ingin remaja putri memperhatikan kesehatan dan gizi sejak dini untuk mencegah melahirkan anak stunting.

Eli mengatakan remaja harus mulai memperhatikan kondisi kesehatannya sejak remaja dengan mengkonsumsi tablet penambah darah bagi remaja putri khususnya pada siswi SMP dan SMA sederajat telah menjadi program nasional dengan mengkonsumsi 1 kali seminggu sepanjang tahun (52 tablet pertahub).

“Kondisi perempuan yang kurang darah sejak remaja akan berakibat buruk ke depan dan saat hamil nanti bisa menyebabkan anak stunting,” kata Eli saat menghadiri Gerakan Nasional Aksi Gizi di MTsN 2 Madina, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut, Rabu (26/10/2022).

Menurut Eli, anemia dapat dicegah sejak dini dengan rutin mengkonsumsi tablet tambah darah sejak remaja saat ini yang merupakan sasaran yang paling strategis dalam penanganan masalah gizi di Indonesia adalah remaja putri dikarenakan remaja putri akan menjadi calon ibu.

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda dan hari Kesehatan Nasional ke-58. Dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada hal ini ” kata Eli.

Ada 4 sekolah yang ditetapkan mewakili Kabupaten Madina yaitu, MTsN 2 Madina MAN 1 Madina, SMP Negeri 2, SMA Negeri 1 Panyabungan.

“Pemberian tablet tambahan darah bagi remaja putri ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi remaja putri sehingga dapat memutus mata rantai terjadinya stunting, mencegah anemia dan meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh sebagai bekal dalam mempersiapkan generasi yang sehat berkualitas dan produktif,” tegas Eli.( Infokom/Dita) #MadinaBersyukurMadinaBerbenah

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.