Kok Bisa..!!! Aek Batang Natal Bersih, Polisi Diminta Serius Tangani PETI di Mandailing Natal

Kondisi Sungai Batang Natal, Rabu (4/5)

” Kok Bisa..!!! Aek Batang Natal Jernih Sekarang ” Rupanya Setelah berhentinya aktifitas penambangan emas tanpa izin pada bahagian hulu dan sepanjang aliran sungai Batang Natal selama Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini, terlihat langsung manfaatnya terhadap kejernihan aliran Sungai Batang Natal.

Apalagi, Kejernihan Sungai Batang Natal, sudah lama tidak dirasakan Masyarakat yang berada di hilir sungai, akibat pencemaran yang terjadi dari dampak Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) yang beroperasi dengan menggunakan alat berat jenis excavator (Beco) yang menyebabkan air sungai menjadi coklat dan berlumpur dan lingkungan porak – poranda.

Sungai Batang Natal,Sebelum Idul Fitri 1443  Warga Desa Lancat Kecamatan Lingga Bayu, M.Zailani, Rabu (04/05/2022) kepada Waryawan menyampaikan, untuk mempertahankan kondisi air sungai yang bersih seperti saat ini

Masyarakat berharap pihak kepolisian tetap serius bekerja dalam menangani atau memberantas PETI di bagian hulu Sungai tepatnya  sepanjang aliran sungai Batang Natal,

“Untuk tetap menjaga kelestarian Sungai Batang Natal yang sudah bertahun-tahun lamanya telah rusak akibat ulah PETI di sepanjang sungai Batang Natal, kita sangat berharap APH selalu aktif dan serius memberantas menghentikan aktifitas tambang ini”.ujarnya

Kata dia, baru kali ini lah kembali terlihat air Sungai Batang Natal mengalir dengan Jernih dan kita meminta hal  ini terus bertahan, agar masyarakat yang tinggal dibantaran sungai bisa kembali memanfaatkan air sungai tersebut untuk MCK dan membuat Lubuk Larangan.

Hal senada juga ditegaskan oleh Hendri warga Kecamatan Natal. Ia berharap pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) dan Kepolisian Resort Mandailing Natal (Polres Madina) tetap fokus serta serius untuk terus menindak tegas pelaku PETI di Sungai Batang Natal.

“Alhamdulillah, bila dilihat saat ini sungai Batang Natal sudah mulai kembali jernih jika tidak ada aktivitas PETI. Semoga hal ini akan tetap terus bertahan”.harapnya.

Dan tambahnya, kita meminta awak media juga jangan bosan untuk terus melakukan sosial kontrol dalam pemberitaan terkait PETI di sungai Batang Natal (Jeffry Barata Lubis/ Redaksi)

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

 

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.