Komentar Kelompok Tani, JUT Bermanfaat Bagi Masyarakat Malintang

Bangunan JUT di Bukit Malintang/Foto Maradotang

BUKIT MALINTANG(Malintangpos Online): Masyarakat petani di Desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang merasakan manfaat Jalan Usaha Tani  (JUT) menuju saba pesong untuk transportasi ke lahan persawahan dan mengangkut hasil taninya, karena sebelum ada JUT tersebut masyarakat petani kesulitan untuk mengangkut hasil tani mereka.

Hal tersebut disampaikan oleh Tolong Nasution ketua Kelompok Tani Suka Maju Desa Malintang Kecamatan Bukit Malintang Kabupaten Mandailing Natal, Sabtu 1 September 2018 di Desa Malintang.

Tolong mengatakan bahwa selama ini sebelum ada JUT tersebut masyarakat petani di wilayah saba pesong tersebut merasa kesulitan untuk mengangkut hasil tani mereka apalagi pada musim panen selalu kesulitan untuk mengangkut hasil tani mereka.

“Dengan adanya JUT tersebut maka masyarakat merasa mudah untuk mengangkut hasil taninya, dan kost yang dikeluarkan untuk mengangkut hasil taninya lebih murah dibanding sebelum adanya JUT tersebut,” terangnya.

Untuk itu mereka berharap kepada Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara untuk dapat melanjutkan JUT tersebut sehingga masyarakat lebih mudah lagi untuk mengangkut hasil taninya dan masyarakat dapat terbantu untuk biaya pengangkutan hasil tani mereka.

“Kita mewakili para petani di Desa Malintang ini dan sekitarnya sangat mengharapkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara dapat kembali menampung anggaran lanjutan pembangunan JUT di Desa Malintang ini,” harap Ketua Kelompok Tani Suka Maju tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan oleh para petani di desa tersebut seperti yang disampaikan oleh Amir Hamsah Pohan dimana dia mengatakan bahwa sebelum adanya JUT tersebut mereka kesulitan dan harus mengeluarkan biaya yang cukup tinggi untuk mengangkut hasil tani mereka, namun dengan adanya JUT tersebut mereka.

“Terus terang kami sampaikan dengan adanya JUT tersebut kami merasa sangat terbantu, sehingga kami sangat mengharapkan JUT tersebut dapat dilanjutkan lagi pembangunannya sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik dan masyarakat merasa puas dengan pembangunan yang ada,” ujar Amir Hamsah Pohan yang diaminkan petani lainnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Amir Hamsah bahwa ada ratusan hektar sawah masyarakat yang menggunakan jalan tersebut sehingga sudah sangat wajar apabila pembangunan JUT tersebut dilanjutkan sampai tuntas.

“Lahan persawahan masyarakat yang mempergunakan saja sudah ratusan hektar sudah dapat kita bayangkan berapa banyak yang mempergunakan JUT tersebut, maka untuk itu sekali lagi kita berharapa agar Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara dapat melanjutkan pembangunan JUT tersebut,” harap mereka(Dotang/red)

 

 

 

 

Liputan : Maradotang Pulungan

Admin : Siti Putriani Lubis

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.