Komentar Masyarakat, Plt.Kadis PMD Madina Harus Jemput Bola

Pertemuan TP.PKK Madina dengan Dinas PMD di Taman Raja Batu Panyabungan/Foto Rizal Lubis

MEDAN(Malintangpos Online):Masyarakat Mandailing Natal di Kota Medan Sumatera Utara, mengharapkan kepada Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang juga akan menjadi Pelaksana Tugas Kepala Dinas PMD Kab.Madina Gozali Pulungan,SH.MM agar proaktif dan jemput bola terhadap semua masalah yang dihadapi desa.

            “Desa kini bukan hanya objek dari pada pembangunan tapi Desa adalah subjek dari pembangunan Desa. Artinya Amanat UU Desa no 6 tahun 2014 mendorong Desa untuk lebih mandiri dan Bupati Madina Drs.H.Dahlan Hasan Nasution telah mensuport seluruh Kades agar hati-hati menggunakan dana desa,” ujar Hardie Afandi Siregar,S.Sos Sabtu malam(22-4) Via Selular ke Redaksi Skm.Malintang Pos.

            Menurut Hardie Afandi, dilantiknya Gozali Pulungan sebagai Sekretaris PMD Madina adalah suatu langkah positif kalau dilihat dari jabatannya selama ini yang pernah menjadi Kepala Bappeda dan Pjs.Sekdakab Madina, tentu dia sudah mengetahui kondisi ril desa dan aparat desanya yang akhir-akhir ini mulai gamang disebabkan keterlambatan administerasi penggunaan dana desa tahun 2016.

            Kata Hadie, pihaknya telah beberapa kali Investigasi di Mandailing Natal, terkait penggunaan dana desa, banyak Kades yang melakukan rekayasa musyawarah desa, akibatnya program yang tercantum ngak bisa dijalankan dengan baik, justuru kades yang selama ini suka-sukanya menggunakan dana desa menjadi sapi perahan berbagai pihak.

            Sedangkan, Zulfikar Hamdani Lubis.SH yang dihubungi Via HP Sabtu malam(22-4) pukul; 22.30 Wib, kalau melihat tingkat kemampuan Kades maupun Pendamping desa yang telah ada diwilayah Mandailing Natal, sangat diragukan anggaran dana desa tahun 2017 akan cair tepat pada waktunya, sebab kemampuan pihak desa untuk membuat SPJ maupun laporan.

            Makanya, ada baiknya Plt.Kadis PMD Madina Gozali Pulungan setelah duduk dikursi Plt.Kadis PMD sebaiknya melangkah cepat, jangan menunggu dikantor semua laporan ataupun usulan desa, sebab hanya dengan memburu waktu baru bisa dana desa cair tepat pada waktunya nanti.

            Disampaikannya, bahwa baru-baru ini Kades di Mandailing Natal banyak yang mempertanyakan tentang dana desa kapan cairnya, sebab tahun 2015-2016 pencairannya sangat tepat sekali dan tidak sedikit yang bermasalah akhirnya, sebab kembali kita harus ingat kemampuan desa membuat laporan atau SPJ belum bisa betul.

            Kenapa begitu..? Ingat pendamping desa yang direkrut beberapa waktu lalu, kalau ingat maka persoalan SDM dari pendamping desa yang akan menjadi motor penggerak administerasi dana desa justuru menjadi bahan perbincangan masyarakat disebabkan tingkat kemampuannya jauh dari yang dinginkan masyarakat.

            “ Sebaiknyalah Plt.Kadis PMD Madina Gozali Pulungan untuk proaktif dan jangan menunggu dikantornya, tapi turun langsung menjemput semua administerasi desa, kalau belum siap diajari,”: katanya.(Lin).

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.