Korem 023/KS Terus Dampingi Petani Untuk Tingkatkan Produksi Padi

Kasiter Letkol Inf Nelson Rajagukgukdidampingi oleh Bupati Drs Hulman Sitorus dan sejumlah pebata lainnya ketika mencoba traktor yang diserahkan kepada para petani.

SIBOLGA (Malintangpos Online) : Korem 023/KS terus melaksanakan pendampingan kepada para petani demi untuk meningkatkan produktifitas padi di wilayahnya, seperti Sabtu 4 Pebruari 2017 yang lalu Danrem 023/KS Kolonel Inf Donni Hurabarat yang diwakili oleh Kasiter Letkol Inf Nelson Rajagukguk melaksanakan tabur benih dan tanam padi seluas 883 Ha di tujuh wilayah yang dipusatkan di Desa Situluama Kecamatan Lagu Boti Kabupaten Tobasa.

Demikian disampaikan oleh Danrem 023/KS melalui Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata kepada Malintangpos Online, Selasa (7/2).

Dijelaskan Simarmata bahwa kegiatan tabur benih dan  tanam lahan padi  ini merupakan implementasi dari kerja sama antara Panglima TNI dengan Menteri Pertanian RI secara nasional dan pada skala daerah antara Pemerintah Daerah Kabupaten Tobasa dan Dandim 0210/Tapanuli Utara.

“Tabur benih dan tanam lahan padi tersebut dipusatkan di Desa Sitoluama Kecamatan Lagu Boti Kabupaten Tobasa, namun ke 883 Ha tersebut tersebar di tujuh Desa di wilayah Kecamatan tersebut,” ujar Simarmata.

Acara tabur benih dan tanam Dihadiri oleh  Danrem 023/KS diwakili oleh Kasiter Korem 023/ks  Letkol Inf Nelson Rajagukguk, Dandim 0210/Letkol Arm Ezra Nathanael, Kapolres tobasa AKBP Jiddin Siagian, Wakil Bupati Drs Hulma sitorus, Kementerian Pertanian Ali Jamil Harahap, Dinas pertanian Provinsi Sumut M. Junaidi, Kadis Pertanian Tobasa Lintong sitorus, Para Camat Jajaran Kabupaten Tobasa, penyuluh pertanian lapangan ( PPL ) kelompok  Tani dan tokoh Masyarakat.

Bupati Tobasa dalam kesempatan tersebut yang diwakili oleh Wakil Bupati Drs Hulman Sitorus  mengatakan, kegiatan tersebut salah satu upaya meningkatkan produksi padi masyarakat, sehingga dengan begitu hasil panen petani di wilayah tersebut akan terus meningkat.

“Kalau kita mau hasil panen kita meningkat maka masyarakat harus rajin ke sawah, jangan malas harus semangat ke sawah karena pemerintah akan mendukung   sehingga mendapat hasil yang diharapkan,” ungkapnya.

Menurutnya, peningkatan produksi tanaman pangan khususnya beras perlu ditingkatkan setiap tahun, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, mengingat setiap tahun kebutuhan pangan selalu meningkat berjalan dengan  pertambahan jumlah penduduk.

“Semakin lama kebutuhan beras di tengah-tengah masyarakat bukan semakin menurun, namun akan terus semakin meningkat, untuk itu kita harus terus meningkatkan produksi padi masyarakat dengan cara bergandengan tangan antara petani dan pemerintah,” ujarnya.

Dandim 0210 / Tapanuli Utara Letkol Arm Erza Nathanel  juga mengatakan, TNI akan mendampingi para kelompok tani, kami juga mengharapkan agar tanam bersama lanjut panen bersama sehingga kita harapkan hasil panen akan meningkat.

“Kita dari TNI akan terus mendampingi para petani terutama di wilayah ini, sehingga petani akan semakin rajin untuk turun ke sawah untuk meningkatkan produksi padinya,” katanya.

Selesai menyampaikan arahan dan bimbingan, Kegiatan  dilanjutkan penyerahan  secara simbolis benih subsidi benih jarwo, benih jagung dan caplak,  dan traktor. (pul)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan.A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.