KPU Palas Sosialisasikan Penyelenggaraan Pemilu 2019

Peserta Sosialisasi saat mendengar pemaparan Narasumber di Hotel Barumun Sibuhuan.

SIBUHUAN (Malintangpos Online): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padanglawas (Palas) menggelar sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 Selasa (5/12) di Hotel Barumun Sibuhuan.

Peserta sosialisasi merupakan utusan partai politik, para tokoh agama, OKP, Ormas, LSM dan Mahasiswa yang ada di Kabupaten Palas dengan nara sumber Ketua PPP Palas H.Erwin H.Pane SH MH, Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM MSi, Atas Siregar S.Ag (wartawan Analisa), Sunardi S.Ag (wartawan Mimbar umum) dan Drs.Gusnar Hasibuan (tokoh Masyarakat) dengan menyampaikan beberapa judul materi

Antara lain : 1.Peran dan dukungan Pemerintah Daerah Dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019, 2. Perubahan Regulasi dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, serta 3. Tahapan Program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

Saat membuka sosialisasi Ketua KPU Palas, Syarifuddin Daulay S.Ag mengatakan, Ada satu agenda besar di tahun 2017 menyiapkan Pemilihan Umum Tahun 2019, Salah satunya yaitu kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari ini, katanya.

Ditambahkannya, Sosialisasi dan Pendidikan pemilih untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu. Menurut Syarifuddin, itu merupakan suatu keterlibatan mental dan emosi seseorang kepada pencapaian tujuan dan ikut bertanggung jawab di dalamnya, artinya masyarakat berpartisipasi pada pelaksanaan pilkada serentak tahun tahun yang lalu maka pada pilkada 2018 dan pemilu 2019 ditargetkan dapat lebih baik lagi.

Sukses dan tidaknya pemilu nanti dilihat dari tingkat partisipasinya. KPU ingin membangun program sosialisasi sebagai penyedia informasi dan model pendidikan pemilih yang efektif bagi masyarakat, bermuara pada Pemilu yang berkualitas.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU, berharap, dalam pemilu nanti peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu benar-benar mematuhi per undang-undangan dan aturan yang berlaku. Serta partisipasi pemilih Tinggi. Para pemilih dalam menentukan calon tidak transaksional melainkan secara rasional. “Marilah kita ciptakan demokrasi yang berintegritas. Demokrasi yang berkualitas , santun dan beradap, jujur dan adil di Bumi Serambi Merahnya Sumatera utara, tegas Sayarifuddin. (AH).

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.