Kwarcab Palas Gelar Orientasi Kamabigus Tingkat SMP

Panitia pelaksana Rusyianto S.Pd saat menerima bendera kursus orientasi kwarcab dari Kadis Dikbud Palas Drs.Abdul Rahim Hasibuan

PALAS (Malintangpos online): Bupati Padanglawas (Palas) H.Ali Sutan Harahap(TSO) selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Palas Drs.Abdul Rahim Hasibuan membuka secara resmi orientasi tiga hari gerakan pramuka bagi Kepala Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) dan Pembina Pramuka se-Palas sebanyak 35 Sekolah.

Kegiatan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Palas ini, dipusatkan di Lapangan SMPN 1 Barumun Selatan (Barsel) Jum’at (29/09) yang direncanakan pelaksanaannya selama tiga (3) hari  (Jum’at 29/09 s/dd minggu 01/10).

Acara ini dihadiri Kadis Dikbud Drs.Abdul Rahim Hasibuan, Sekretaris Kwarcab Zainuddin Hasibuan MM, Ketua Tim Korps Pelatih Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Sumatera Utara H.Mukhlis Mukhtar SE, Kabid Dikmen Rosyidi Hasibuan, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Palas serta Pembina Pramuka tingkat SD/MI dari 12 kecamatan, dan Undangan lainnya.

Dalam arahan Bupati Palas H.TSO yang dibacakan Kadis Dikbud Drs.Abdul Rahim mengatakan, sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan orientasi tersebut. Ia berharap, orientasi ini semakin mendorong perkembangan Gerakan Pramuka, utamanya pada tingkat SMP Sederajat.

“Saya juga berharap, pelaksanaan orientasi ini mampu memberikan bekal yang cukup kepada para Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan anggota dewasa, sehingga mampu melaksanakan pendidikan kepramukaan kepada kaum muda,  sehubungan adanya amanat Kurikulum 2013 yang menjadikan pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah,” katanya.

Masuknya pendidikan kepramukaan dalam kurikulum 2013 kata Abdul Rahim, harus disikapi secara bijak oleh Pemkab serta harus dapat mempersiapkan dan membekali guru-guru dan para kepala sekolah sebagai Mabigus, tentang  pendidikan dasar kepramukaan.

Dengan demikian, lanjutnya, dalam pelaksanaan di lapangan, amanat pendidikan kepramukaan dapat berjalan lancar dan benar-benar mampu mendidik generasi muda kita menjadi generasi yang tangguh dan berkarakter dan berguna bagi nusa dan bangsa. (AH)

Admin : Dina Sukandar Hasibuan,A.Md

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.