LSM Mendesak BPKP Sumut Periksa Kades se Kec.Batang Natal

BATANG NATAL(Malintangpos Online): ” Katakan Sejujurnya,”Kalimat itulah yang cocok disampaikan kepada seluruh Kepala Desa di Kec.Batang Natal Kab.Madina yang diduga telah menyalahgunakan anggaran Dana Desa(DD) setiap tahunnya sejak tahun 2015 – 2020.

Karena itu, sejumlah LSM(Lembaga Swadaya Masyarakat) dan Aktivis,serta Mahasiswa mendesak BPK Perwakilan Sumut,segera melakukan pemeriksàan dengan memanggil Kades,BPD dan Bendahara DD untuk dimintai tanggung jawab soal pelaksanaan DD setiap tahunnya.

” Warga sudah tidak percaya dengan yang namanya Insoektorat Mandailing Natal, sebab diduga telah mendaoat bagiañ dari Kades setiap ada pemeriksaan rutin setiap tahunnya,” Ujar Sekretaris Genta Madina Chandra Siregar,Senin siang(11/1) di Halaman Kantor Camat Batang Natal.

Kata Chandra, dia dan sejumlah LSM telah langsung melihat hasil pembangunan dari Dana Desa, melihat barang – barang yg juga dananya dari Dana Desa.

Ia ampun, bukan seluruh desa proyek fisiknya Mark Up dan kualitasnya asal – asalan,ada juga yang baik,tapi kita optimis sekali bahwa dana DD di Kec.Batang Natal,ramai – ramai menggerogotinya.

” Saya yakin sekali jika BPK Perwakilan Sumut,yang periksa Kades,pasti Kades libatkan Inapektorat dan Dinas PMD dan Camat,” Ujar M.Daut Nasution salah seorang Mahasiswa yg kuliah di Kota Padang Sumbar.

Kata dia, baru – baru ini mahasiswa turun ke Kec.Batang Natal,melihat dari dekat pelaksanaan DD,ia ampunn amburadul,rapi bukan semuanya.

“BPK Perwakilan Sumut segera periksa Kades,Camat,PMD agar uang negara tidak terbuang nantinya,” Ujar M.Daut Nasution.

Catatan Wartawan, desa -desa di Kec.Batang Natal adalah Aek Baru Jae,Aek Baru Julu,Aek Guo,   Aek Holbung.Aek Manggis,Aek Nabara,Aek Nangali,Ampung Julu.       Ampung Padang.Ampung Siala.   Bangkelang.Banjar Malayu.Batu Madinding.

Bulu Soma.Guo Batu. Hadangkahan.   Hatupangan.Huta Lobu.Jambur Baru,   Lubuk Bondar Panjang.Lubuk Samboa.Muara Parlampungan, ,Rantobi.Rao Rao, Simanguntong,Sipogu.Sopo Tinjak,   Tarlola.Tombang Taluang.Tor Naincat( isk)

 

Admin : Iskandar hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.