Madina Butuh Pemimpin Peduli Pendidikan

PenulisPendidikan merupakan suatu kebutuhan bagi semua manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Maju tidaknya kualitas hidup sesorang dipengaruhi oleh pendidikan yang ia dapati.

Sebagaimana yang disebutkan dalam UUD 1945 “Setiap warga Negara berhak mendapat pendidikan.” Hak-hak dasar itu adalah akibat logis dari dasar negara Pancasila yang dianut oleh bangsa Indonesia.

Selanjutnya, Pasal 31 ayat (1) diatas segera diikuti oleh pasal 31 ayat (2) yang menyatakan “Setiap warganegara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Berdasarkan bunyi pasal diatas, jelas bahwa pendidikan adalah bagian dari upaya untuk memampukan setiap insan, dan dalam hal ini pemerintah wajib untuk mengembangkan seluruh kemampuan dan potensinya untuk manjadikan masyarakat nya agar tumbuh menjadi manusia yang tangguh dan berkarakter serta berkehidupan sosial yang sehat.

Jangan sampai hanya insfrastruktur saja yang terus dibangun melainkan akhlak, jiwa dan karakter manusianya juga yang harus dibangun.

Atas dasar itulah Saya mengangap bahwa pemimpin Mandailing Natal kedepan haruslah orang yang peduli terhadap pendidikan serta memiliki visi dan misi mencerdaskan kehidupan masyarakat di Mandailing Natal.

Untuk mendapatkan pemimpin seperti ini tentunya kita harus melihat secara detail tentang visi dan misi para kontestan agar kita tidak salah pilih untuk lima tahun mendatang, sebagai putra daerah yang Pernah mengenyam pendidikan dengan berbekal beasiswa berharap pemerintah ( pemimpin ) kedepan harus mampu menjamin masyarakat yang berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan modal beasiswa dari pemda seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Labura.
Kita memahami bahwa ajang demokrasi yang tidak sehat akan membutuhkan biaya yang sangat fantastis, untuk itu sebagai salah satu akademisi yang berasal dari Bumi Gordang Sambilan saya berharap agar masyarakat menolak seluruh bentuk money politics dan seluruh calon harus menandatangani kesepakatan untuk mengikuti pesta demokrasi dengan jujur dan adil agar kedepan para calon fokus untuk pencapaian visi dan misi bukan untuk membalikkan modal dan menerima intervensi “Toke”.
Keberhasilan seorang pemimpin nantinya. Salah satunya dinilai dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index(HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.

Semoga siapapun pemimpinnya nanti mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya, dengan harapan IPM Kab. Mandailing Natal terus meningkat serta pedulli akan dunia pendidikan.(S. Rkt)

Admin : iskandar hasihuan, SE

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.