MAN 1 Mandailing Natal Wisuda Tahfiz Qur’an

PANYABUNGAN (Malintangpos Online): Madrasah Aliyah Negeri 1 Mandailing Natal (MAN 1 Madina) selama ini dikenal sebagai sekolah yang berprestasi di bidang pengetahuan dan teknologi (Imtek).

Berbagai prestasi di tingkat Nasional dan internasional telah ditorehkan sekolah yang beralamat di Jl. Lintas Medan-Padang, Dalan Lidang ini.

Namun, ternyata madrasah yang dipimpin Salbiah, S.Ag, MM ini juga menyeimbangkan Iptek dan takwa. Hari ini, Sabtu (15/1) MAN 1 Madina mengggelar wisuda Tahfiz Quran.

Ada sebanyak 43 hafiz dan hafizah yang diwisuda dengan ragam hapalan mulai dari 1 juz sampai 8 juz.

Sesuai keterangan kepala sekolah, tahfiz Quran merupakan salah satu program unggulan di sekolah ini.

“Acara wisuda Tahfiz Quran MAN 1 Mandailing Natal. Ada 43 wisudawan dan wisudawati. Ini program unggulan di sekolah ini,” jelas Salbiah kepada wartawan.

Dalam prosesi wisuda, selain penampilan hafiz dan hafizah, ada sambung ayat yang dipimpin guru pembina, penampilan hadroh MAN 1 Madina, dan paduan suara dengan suguhan lagu religi.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Madina Ahmad Qasbi dalam sambutannya berpesan kepada para tahfiz dan tahfizah agar tidak berpuas diri dengan hapalan saat ini.

“Jangan berpuas diri dengan hapalan saat ini. Harus meningkatkan hapalan sampai 30 juz meskipun nantinya telah lulus dari MAN 1 Madina,” katanya.

Qasbi mengungkapkan, Kemenag akan mendorong agar ilmu dunia dan ilmu akhirat seimbang di setiap MTs dan MAN yang ada di Madina.

Suasana berubah haru ketika para tahfiz dan tahfizah diarahkan untuk menyematkan mahkota kepada orang tua. Para orang tua siswa yang diwisuda hari ini terlihat meneteskan air mata kebahagiaan.

Dalam agama Islam sesuai hadits Rasulullah Saw diriwayatkan Hakin dan disahkan Al-Abani bahwa kelak di akhirat orang tua para penghafal akan diberikan Allah mahkota dari cahaya yang terangnya seperti matahari.

Anggota DPRD dari fraksi partai Golkar Sobir Lubis yang merupakan orang tua dari Maulana Ari Syaputra Lubis-salah satu wisudawan tahfiz-menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih dengan adanya program tahfiz Quran di MAN 1 Madina.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademi MAN 1 Madina yang menciptakan generasi qurani. Ini bisa menjadi sebuah upaya untuk mencintai Quran,” katanya.

Untuk diketahui sepanjang tahun 2021 MAN 1 Madina menorehkan berbagai prestasi baik tingkat nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya adalah juara I Kijang Mas bidang Matematika, juara I POSI Matematika, juara 2 tingkat internasional Kompetisi Riset Tasjer dan jura 3 tingkat internasional Kompetisi Riset Timbaker( Roy Adam/Red)

Liputan dan Foto : Roy Adam

Admin ; Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.