Mantan Kapolres Tapsel Tutup Kegiatan Perkemahan Pramuka se Kota Padangsidimpuan

AKBP. Drs, Parluatan Siregar menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba di kegiatan Apel dan Perkemahan Hut Pramuka ke 57 se Kota P.sidimpuan Rabu (14/11)

PADANGSIDIMPUAN (Malintangpos Online): Kegiatan Perkemahan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) kota Padangsidimpuan (Psp) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Ke-57 tahun 2018 di Lapangan Yayasan Arrohim SMA/SMK Harapan kecamatan Psp Angkola Julu, Desa  Poken Jior kota Psp, resmi ditutup oleh  AKBP. Drs, Parluatan Siregar. Yang saat bersamaan juga bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) penutupan, Rabu (14/11/2018) sekira Pukul 15.00 WIB.

AKBP Drs, Parluatan Siregar disela sela pidatonya menyampaikan Pramuka menciptakan manusia disiplin dan mandiri

Pendidikan pramuka adalalah pedidikan dimana manusia atau peserta didik bisa mendapat banyak ilmu dan pengalaman yang yang luar biasa. Sebab didalam pendidikan pramukan manusia bisa mendapatkan ilmu sekalian kesenangan secara sekaligus karena didalam pendidikan pramuka kita diajarkan bagaimana cara belajar dialam terbuka akan tetapi selalu diadarka keceriaan. Di alam terbuka itu kita diajarkan bagaimana cara bertahan hidup dengan memanfaatkan keadaan alam sekitar, seperti bagaimana kita mendapatkan makan, mengantisipasi keadaan darurat, mengobati luka disaat darurat dan masih banyak hal yang bisa didapatka dari pendidikan pramuka. Semua anggota pramuka pasti akan dituntut untuk menjadi manusia yang disiplin,”paparnya.

Disisi lain beliau juga akan selalu memberi lokasi yayasan Ar-Rohim untuk di pakai kegiatan pramuka setiap saat baik oleh sekolah atau pramuka yang ada di dinas atau perguruan tinggi. “Lokasi ini di sediakan untuk membina generasi muda dan melahirkan atlit berprestasi. Dengan harapan akan lahir Parluatan – Parluatan lain yang mampu mengharumkan bangsa di kancah internasional, “ucapnya.

Sementara laporan panitia yang disampaikan oleh Irianto andalan bidang urusan bina dewasa kwarcab kota Psp menyampaikan Hari Pramuka Ke-57 tahun ini berlangsung selama 4 dengan mengusung tema “PRAMUKA PEREKAT NKRI”  dengan menyajikan berbagai kegiatan.  Diantaranya dengan menggelar perkemahan dan Apel besar HUT Pramuka ke 57 selain itu Kwarcab Pramuka Kota Psp juga menggelar  lomba ketangkasan, kegiatan keagamaan dan kerohanian, Pentas Seni kemudian bhakti masyarakat selanjutnya olahraga, Hiking/ pengembaraan,  halang rintang (Obstackle), permainan penggalang, Forum penggalang, forum penegak dan Pandega seterusnya Penghijauan serta Bumbung kemanusiaan bencana alam Mandailing Natal.

Dan untuk peserta yang ikut serta lanjut Irianto ada sebanyak 2.535 dimana hingga hari terakhir semuanya dalam kondisi sehat wal afiat,”terangnya.

Pantauan, pada akhir acara kegiatan diisi dengan penyerahan trophy dan piagam penghargaan bagi pemenang berbagai lomba ketangkasan. Dimana keluar sebagai juara umum pa/pi di borong oleh SMA Negeri 3 kota Psp.

Sementara itu Andalan Bidang Humas dan Hubungan antar lembaga,Nasruddin Nasution yang akrab di sapa Anas kepada awak media mengatakan bahwa ia berharap agar seluruh instansi yang punya satuan karya (SAKA) Pramuka agar mengaktifkan SAKA di pangkalan masing masing. “sepanjang pembinaan pramuka itu hanya di sekolah saja, maka perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka itu hanya jalan di tempat” ucapnya. Ketika di tanya alasan dari pangkalan saka, jawabannya selalu anggaran. “ jawaban instansi tersebut selalu klise, anggaran. Kita tidak tahu kebenarannya. Kwarcab pramuka Kota P.Sidimpuan selalu siap memfasilitasi kegiatan yang di butuhkan SAKA, terutama dalam pembekalan dasar kepramukaan” jelas Anas.(ANS)

Admin: Siti Putriani

Komentar

Komentar Anda

About Siti putriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.