Masyarakat Keluhkan Pelayanan RSUD, Sobir Lubis: Kita Datang untuk Mencari Solusi

PANYABUNGAN(Malintangpos Online):  Keluhan masyarakat terkait pelayanan tenaga kesehatan di RSUD Panyabungan telah sampai ke Komisi IV DPRD Mandailing Natal (Madina). Laporan masyarakat itu telah ditindaklanjuti dengan RDP berasama pihak RSUD pada 15 Oktober 2021.

Kemudian pada Senin (25/10) Komisi IV DPRD Madina melakukan tinjaungan lapangan ke RSUD Panyabungan.

Anggota Komisi IV yang hadir pada kunjungan lapangan ini adalah Edi Anwar dari fraksi PKB, Sobir Lubis (Golkar), H. Maraganti (Hanura), H. Nisat Sidik (Amanah Berkarya) dan Hidayah Erlina (Gerindra).

Kehadiran Komisi IV disambut secara langsung oleh Direktur RSUD Panyabungan dr. Rusli Pulungan, Ketua Komite Medik dr. Syafran Halim dan pengurus komite medik lainnya.

Ketua Komisi IV DPRD Madina Edi Anwar menyampaikan pelayanan RSUD harus terus ditingkatkan sehingga masyarakat tidak enggan berobat.

Sementara itu, Sobir Lubis mengatakan pertemuan diadakan untuk mendapatkan solusi dari keluhan masyarakat. Termasuk keluhan para tenaga medis dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

H. Maraganti melihat terjadi penurunan kualitas pelayanan terhadap pasien. Ia menyebutkan di masa lalu RSUD Panyabungan pernah menjadi rujukan masyarakat di wilayah Tapanuli Selatan.

Mantan Ketua DPRD periode sebelumnya menambahkan saat ini bahkan masyarakat tidak nyaman dengan perlakuan dan pelayanan tenaga kesehatan.

Pihak RSUD melalui Komite Medik menerima setiap masukan dari Komisi IV dalam peningkatan pelayanan masyarakat. Selain itu, para medis juga menyampaikan beberapa keluhan.

Pertama, perlunya pelatihan penanganan pasien, terutama pelatihan komunikasi. Kedua, perlunya kepastian status pegawai di RSUD.

Ketiga, pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan tenaga kesehatan. Saat ini, kata dr. Rusli, sangat jauh dari kata layak.

Menanggapi keluhan paramedis, Nisat Sidik mengatakan, Komisi IV akan menyampaikan hal ini pada rapa-rapat di DPRD. (red/Rel)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.