Melihat Kualitas Pendidikan di Mandailing Natal ( 2 ) ” Ganti Kepala Sekolah “

KEMUNGKINAN Sejak HM.Ja’far Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi Nasution Dilantik/Diambil Sumpahnya oleh Gubsu Edy Rahmayadi menjadi Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal, belum pernah ” Melihat ” langsung Kinerja Kepala Sekolah baik SD maupun SMP, Karena sudah memberikan Kewenangan kepada Kepala Dinas Pendidikan.

Kenapa rupanya Kepala Sekolah..? Banyak diantara Kasek di Tingkat SD dan SMP Negeri sejak diangkat/Dilantik jadi Kepala Sekolah bertahun – tahun tidak pernah diganti, sehingga peluang Guru yang lain sangat sedikit sekali.

Artinya, baik Komisi 1 DPRD, Korwil Pendidikan, Kadis Pendidikan dan Bupati/Wakil Bupati Mandailing Natal, perlu mengevaluasi seluruh Kepala Sekolah yang memang tidak bisa meningkatkan kualitas anak didik.

Kita ambil contoh, Kepala SMP Negeri 5 Sinunukan yang jauh dari Ibukota Kabupaten Mandailing Natal, mampu membuat Lulusan SMP tersebut di Tingkat SMA/SMK dan MAN ” Bersaing ” dan Lingkungan Sekolahnya Sehat.

Coba, Kadis Pendidikan, Bupati/Wakil Bupati ” Sidak ” Ke SMP Negeri yang ada di Kota Panyabungan, pasti menemukan Kondisi Sekolah yang memang Kepala Sekolahnya ” Kurang ” Peduli dengan Lingkungan Sekolahnya, apalagi kualitas anak didiknya.

Padahal, kalau kita jujur melihat dan menilainya ” Apa Yang Salah ” tentu terpulang kepada Kepala Sekolahnya yang memang tidak punya ” Kemampuan ” hanya karena ada sponsor sehingga menjadi Kepala Sekolah.

Begitu juga dengan Kepala SD Negeri, ada yang sampai Pensiun baru DIGANTI walau tidak ada kemampuan dan yang terpenting bisa SETOR, maka BERTAHAN menjadi Kepala Sekolah.

Mungkinkah Sukhairi dan Atika melihat dan Mengetahui keadaan Kepala Sekolah Se Mandailing Natal..? Belum tentu , karena kewenangan sudah diserahkan kepada Kepala Sekolah ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.