Melihat Proses Belajar – Mengajar SD dan SMP di Mandailing Natal (1)

MENJADI Seorang Guru sangatlah mulia dan selalu disebut orang ” Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ” tetapi sebagai seorang Guru yang punya peran besar di kelas, guru berperan penting dalam penentuan kualitas pendidikan anak bangsa.

Akan tetapi, guru juga manusia biasa yang tidak terlepas dari kesalahan dan kekurangan.

Namun, bukan berarti tidak belajar. Anda sebagai guru perlu membenahi beberapa hal agar tercipta lingkungan belajar yang kondusif.

Bagaimana Menyiapkan perangkat pembelajaran..? Sebelum mengajar, hendaknya Anda sudah mempersiapkan segala hal yang diperlukan.

Selain materi, bahan ajar, media atau alat pembelajaran pun sebaiknya disiapkan. Tidak perlu budget mahal, alat pembelajaran bisa Anda hasilkan dari bahan-bahan bekas di lingkungan sekitar, Semakin kreatif Anda, kemungkinan siswa akan antusias terhadap pelajaran pun semakin tinggi dan pasti akan dikenang siswa nantinya.

Selain itu, seorang Guru juga harus membuat metode belajar variatif, kenapa, Coba variasikan metode pengajaran yang Anda aplikasikan di kelas.

Serta,Tingkatkan Keaktifan Siswa dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning, Menyampaikan Pelajaran Matematika Dengan ‘Math Manipulatives’ Agar Siswa Lebih Antusias

Sek.Dinas Pendidikan

Kalau kita melihat ” Carut -Marutnya ” Dunia Pendidikan di Mandailing Natal,sejak munculnya Pandemi Covid -19 sekitar Maret 2020 yang lalu, wajarlah kondisi Pendidikan kita sekarang ini sangat Memprihatinkan.

Proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di daerah kita Mandailing Natal, belum lama dilakukan, tiba – tiba muncul Inmendagri mengumumkan daerah kita di PPKM Level 4 sehingga muncul pendapat yang pro dan kontra.

Serta, sejumlah Guru di SD Percontohan datangi Kantor Dinas Pendidikan dan Komisi 1 DPRD dipimpin Ketua Zubaidah Nasution mendatangi sekolah tersebut, sebab guru -guru tidak sejalan dengan Kepala Sekolah.

Jumat pagi (12/11) Ada di Akun Facebook Arbi Harahap,bahwa Sekretaris Dinas Pendidikan itu ” Langsung Resfon ” atas keluh -kesah guru di sekolah Percontohan tersebut, ada apa sebenarnya di sekolah yang memakai Nama ” Percontohan ” tersebut..?

Wartawan Malintang Pos Group Dita Risky Saputri,SKM ditugaskan untuk melakukan Liputan dan Wawancara dengan Sekretaris Dinas Pendidikan, Kasek, Guru dan Orangtua siswa, segera diturunkan laporannya secara bersambung ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan.SE.

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.