Melirik Kegiatan Dinas Pertanian Mandailing Natal

PEMERINTAH Mandailing Natal, baru saja menerima Opini WDP ( Wajar Dengan Pengecualian) dari BPKP Sumatera di Kota Medan dan sejumlah komentar / Pendapat dari masyarakat Viral, lebih – lebih dengan Mundurnya Inspektur Inspektorat Madina Marwan Bhakti Siregar,SH.

Tetapi, beda dengan Kepala Dinas Pertanian Mandailing Natal Siar Nasution,SP, justuru lebih sering di tengah – tengah masyarakat Petani guna untuk mengetahui dan memahami ” Apa Yang Dibutuhkan ” oleh masyarakat Mandailing Natal, yang mayoritas petani itu.

Mungkin kita masih ingat dengan sejumlah Bencana Banjir yang terjadi di Mandailing Natal, yang telah ” Memporak – Porandakan ” sejumlah areal dan tanaman masyarakat pada waktu itu.

Kepala Dinas Pertanian Madina Siar Nasution,SP dengan sejumlah Kabid dan Stafnya ” Berjibaku ” membuat inventaris dari damoak yang muncul akibat Bencana Banjir dan melaporkannya ke Bupati/ Wakil Bupati Mandailing Natal.

Petani Siabu Dibantu

Senin 30 Mei 2022,  petani padi di Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, mendapat bantuan Bibit dan Pupuk dari pemerintah pusat lewat TP Provinsi Sumatera Utara yang digalang Pemerintah Daerah lewat Dinas Pertanian.

Penyerahan bibit padi Gogo jenis Inpari 32 untuk lahan kering tersebut sebanyak 10 ton serta pupuk NPK 15-15 sebanyak 25 ton.

Kepala Dinas Pertanian Siar Nasution SP langsung menyerahkan kepada 12 kelompok tani di Desa Huraba, Senin (30/5).

Turut mendampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Juli Hidayah.SP dan para penyuluh pertanian di Kecamatan Siabu.

Siar mengatakan, bantuan bibit padi dan pupuk tersebut merupakan hasil kerja keras pemerintah daerah untuk menggalang beberapa jenis bantuan yang diperlukan petani Madina ke Kementerian Pertanian RI pada 3 bulan yang lalu.

Alhamdulillah,  kerja keras kita untuk melobi bantuan ke daerah kita ini telah terwujud.

” Nantinya akan ada bantuan jenis lain yang sudah kita usulkan, namun belum teken kontrak, itu akan menyusul” Ujar Siar Nasution,SP.

Ketua Kelompok Tani Sitada-Tada Junaidi Nasution pada saat penerimaan bantuan bibit dan pupuk, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas kepedulian terhadap para petani diwilayah Kec.Siabu.

” keseluruhan bibit dan pupuk tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan para petani seluas 250 hektar lahan pertanian,” ujar Junaidi.

Mendengar kabar dari para penyuluh pertanian, bahwa seluruh Kelompok Tani mendapat bantuan bibit padi dan pupuk.

” Kami merasa bangga dan bahagia, sebab biaya untuk membeli kebutuhan ber – tani seperti bibit dan pupuk bisa dialihkan kepada keperluan lainnya,” ujarnya dengan sumringah( Irf/ Dita/Aris/Riah).

 

Admin : Dita Risky Saputri.SKM.

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.