Melirik Kinerja Dinas Perdagangan Mandailing Natal (1)

KEMUNGKINAN Kita masih ingat dengan Tema HUT Ke – 77 Republik Indonesia Tahun 2022 yang lalu ” Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat ” dan harus kita akui bersama, bahwa dampak Pandemi Covid -19 yang melanda Dunia, termasuk Kabupaten Mandailing Natal, sangat berpengaruh dengan ekonomi masyarakat sekarang ini.

Karena itu, Redaksi Malintang Pos Group di Menjelang HUT Ke – 09 di Tahun 2023 ini, mencoba melirik kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Mandailing Natal dan kegiatan Camat, Puskesmas, Korwil Dinas Pendidikan, sejauh mana mewujudkan Visi dan Misi yang dituangkan HM.Jafar Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi Nasution.

Wartawan Malintang Pos Group Nanda Soekirno , melaporkan bahwa sejak tanggal 7 – 10 Desember 2022, Kepala Dinas Perdagangan Madina Parlin Lubis,M.Si, mengadakan Pelatihan Menjahit bagi warga Kota Panyabungan di Gedung Dekranasda Jalan Lintas Timur Kota Panyabungan.

Untuk Apa..? Suka atau tidak suka, bahwa saat ini PEMERINTAH Mandailing Natal,C/Q. Kepala Dinas Perdagangan dan Ketua Dekranasda, melihat bahwa menjahit merupakan keterampilan dasar yang dimiliki hampir semua kaum wanita dan tidak sedikit yang dimiliki oleh kaum lelaki.

Menjahit sebagai salah satu keterampilan yang menjual jasa, menjahit merupakan salah satu keterampilan yang sangat menjanjikan dalam segi ekonomi

Bahkan , hasil jahitan berupa pakaian, celana, baju dll menjadikan sebagai kebutuhan primer bagi manusia atau masyarakat diseluruh daerah kita masing – masing.

Perlu kita ketahui, Sebagai salah satu kebutuhan primer, maka keterampilan menjahit menjadi usaha jasa yang berkembang pesat seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi,  karena banyak perusahaan-perusahaan garmen yang memiliki penjahit dengan keterampilan sangat baik.

Hal ini menyebabkan penjahit perorangan mulai tersisih dan di tinggalkan dan peluang inilah yang dilihat Parlin Lubis,M.Si sebagai Kepala Dinas Perdagangan Mandailing Natal,sekarang ini.

Kemungkinan, Kadis Perdagangan Mandailing Natal Parlin Lubis,M.Si, melihat potensi ini sebagai sarana menjalankan fungsi pembinaan bagi industri kecil dan menengah dan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan Industri Kecil dan Menengah di Mandailing Natal.

Maka, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mandailing Natal, melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan salah satunya adalah Pelatihan Menjahit yang dilaksanakan dari tanggal 7 sampai 10 Desember 2022 di Dekranasda Kabupaten Mandailing Natal, jalan Lintas Timur Kota Panyabungan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mandailing Natal Parlin Lubis, yang juga salah satu Calon Sekda Madina itu.

Yang menyampaiakan kata sambutan kepada para peserta, serta di hadiri juga oleh Palatih di Gedung Dekranasda Mandailing Natal.

Selama kegiatan pelatihan berlangsung, peserta yang kebanyakan adalah wanita dan remaja di ajarkan berbagai macam menggambar pola, mengukur lingkar pinggang dan badan dengan benar, dan menjahit dengan baik sehingga hasil pakaian akan sesuai.

Pada pelatihan ini diharapkan para peserta akan menambah keahlian serta dapat mengembangkan usahanya sehingga dapat menambah penghasilan agar dapat meningkatkan perekonomian keluarganya dimasa mendatang ini ( Bersambung Terus)

 

Admin : Iskandar Hasibuan

 

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.