Melirik Potensi Desa Runding (1), Wilayah Runding Cocok Tanaman Holtikultura

Redaksi Yth :

                Baru-baru ini Wartawan Malintang Pos, secara khusus mengunjungi langsung Desa Runding di Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara untuk melihat dari dekat masyarakat petani yang mengembangkan tanaman Holtikultura tanpa bantuan pemerintah dan berikut ini laporannya dibuat secara bersambung agar menjadi perhatian Pemerintah Mandailing Natal.

Pepaya Calina Runding

PEMERINTAH  Kabupaten Mandailing Natal dibawah kepemimpinan Drs.H.Dahlan Hasan Nasution sebagai Bupati, sangat banyak mendapat protes dari masyarakat Desa Runding Kecamatan Panyabungan Barat, karena perhatian pemerintah terhadap sarana transportasi yang menurut masyarakat sangat minim, sebab sampai sekarang keadaan jalan masih berlobang-lobang dan aspalnya nyaris tidak kelihatan lagi.

            Padahal, walaupun Pemerintah dan DPRD Mandailing Natal, selama hampir 21 tahun ini kurang memperhatikan desa asal marga Rangkuty tersebut, masyarakatnya dalam mengelola pertanian khususnya Holtikultura sangat gigih, sebab saat ini hasil pertanian seperti Pepaya Calina, Durian, Rambutan, Langsat, Duku serta Cabe, Bawang Merah serta tanaman lainnya tumbuh subur dan setiap minggunya banyak keluar dari desa tersebut ke berbagai daerah dikirim.

            Seperti ungkapan Lian Rangkuty kepada Penulis, jika saja Pemerintah Desa ataupun Kepala Desa(Kades) Runding memberikan kepercayaan kepadanya untuk mengelola Dana Desa(DD) dua tahun anggaran saja, maka wilayah Desa Runding akan disulapnya menjadi penghasil buah-buahan yang kualitasnya sangat baik.

Kunjungan dari PT. SMGP ke Kebun Pepaya Calina di Desa Runding/Putra Lubis

Makanya, dirinya sebagai petani pada awalnya sering membicarakan kepada warga agar warga jangan fokus kepada karet dan padi, sebab tanaman tersebut boleh dikatakan sudah sangat banyak sekali diwilayah tersebut, tetapi untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat daerah itu membutuhkan waktu yang sangat lama sekali baru berterima bagi masyarakat.

            Lalu bagaimana jadinya..? untuk meyakinkan masyarakat harus diberikan contoh, sejak beberapa tahun lalu kita tanam Pepaya Calina, Durian, Rambutan,Duku dan sekarang mengembangkan tanaman bawang merah yang hanya membutuhkan waktu singkat, tapi bisa menghasilkan sangat banyak, serta tanaman cabe diwilayah Desa Runding lagi panen-penennya dan Alhamdulillah masyarakat satu demi satu langkah yang kita buat dan wilayah Desa Runding sangat cocok dibuat Tanaman Holtikultura.

            “ Kalau Pepaya Calina sekarang ini sangat banyak keluar dari wilayah Desa Runding dan sekitarnya, sudah waktunya Pemerintah Mandailing Natal C/Q. Dinas Pertanian untuk melirik wilayah Panyabungan Barat, khususnya Desa Runding, kalau soal Pepaya Calina dan Bawang Merah daerah itulah tempatnya,” ujar Lian Rangkuty meyakinkan penulis(Bersambung Terus)

 

 

Admin : Iskandar Hasibuan

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.