Mencegah Covid-19 di Kab.Madina, Edukasi Komunitas Kita Masing -Masing

Rapat Satgas Madina dengan Wartawan/Dita Risky Saputri, SKM

PANYABUNGAN(Malintangpos Online): Peran dan partisipasi aktif dari beberapa Elemen atau Komunitas terutama kaum millenial dalam memainkan peran dan sinergitas untuk mengedukasi masyarakat terutama dalam hal upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan.

Oleh karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kab. Mandailing Natal mengimbau elemen /komunitas masyarakat yang telah memiliki pemahaman yang baik terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan agar setiap waktu mengupayakan edukasi dengan berbagai metode bagi warga masyarakat yang ditemui dimana dan kapan pun untuk sekedar mengingatkan akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan karena saat ini kita sedang berjuang memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara masif.

Edukasi komunitas yang senantiasa dapat dilakukan setiap saat bagi warga masyarakat yang belum terpapar adalah mengkampanyekan akan pentingya protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid 19.

Khusus bagi warga masyarakat yang memasuki masa lansia dan penderita penyakit penyerta dihimbau untuk senantiasa memproteksi diri dengan menghindarkan kerumunan-kerumunan jika tidak perlu, disebabkan karena alasan potensi penularan.

Pada dasarnya, dalam membantu memutus mata rantai penyebaran Covid 19, setiap warga seyogianya
memiliki tanggung jawab sosial untuk mengedukasi terkait Protokol Kesehatan bagi anggota masyarakat lainnya.

Oleh karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kab. Mandailing Natal mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memulainya pada lingkungan keluarga dulu.

Sehingga pendekatan dari satuan sosial terkecil akan membesar ke satuan sosial terbesar jika dilaksanakan secara konsisten, maksimal dan sungguh-sungguh.

Perlu di tekankan bahwa semangat kolaborasi semua lini dan sektor diharapkan akan memaksimalkan peran dalam melakukan edukasi komunitas seperti lembaga pendidikan, Majelis Taklim, Kegiatan Keagamaan, Kegiatan Kepemudaan /Naposo Nauli Bulung, Pertemuan sosial/adat, dan kegiatan-kegiatan legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Untuk seluruh interaksi yang melibatkan elemen masyarakat, pada awal dan akhir pertemuan tetap mengedepankan keselamatan masyarakat dan edukasi penting terkait Covid-19 dan Protokol Kesehatan.

Edukasi komunitas baik praktis dan teknis harus dilakukan secara berkesinambungan demi memastikan tingkat pemahaman warga terkait Covid-19 dan protokol kesehatan.

Jadi, kita semua pada posisi mengedukasi komunitas kita masing-masing baik secara lisan maupun tulisan pada berbagai kesempatan.

Intinya, saat ini kita sedang sedang berjuang untuk meningkatkan ketahanan kesehatan dan ekonomi masyarakat secara umum dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Oleh karena itu, Satgas Penangangan Covid-19 Kab. Mandailing Natal mengajak kita semua untuk menunaikan tanggung jawab sosial kita untuk mengedukasi komunitas kita masing-masing dengan tujuan angka infeksi harian dapat menurun karena kita memang benar-benar berupaya mencegah, mengendalikan, dan menangani Covid-19 secara bersama-sama.

Untuk kita ketahui, bahwa Data Perkembangan Covid-19, Selasa (27/10) Kabupaten Mandailing Natal Suspek : 3 Orang, Konfirmasi : 59 orang,  Sembuh : 9 Orang (Komimfo/Dita)

Admin : iskandar hasibuan
Meninggal Dunia : 1 orang

Komentar

Komentar Anda

About Dina Sukandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.